PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN INFORMASI LINGKUNGAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Natasha Natasha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh variabel independen yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap pengungkapan informasi lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2016-2018. Berdasarkan teknik purposive sampling, ada 14 perusahaan terpilih. Analisis data penelitian dilakukan dengan uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan informasi lingkungan, dan variabel leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan informasi lingkungan. Sementara itu, pada uji simultan variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage berpengaruh terhadap pengungkapan informasi lingkungan.

 

Kata Kunci: Pengungkapan Lingkungan, CSR, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage.


DAFTAR REFERENSI
Afifah, K. N., Nurleli, & Rosdiana, Y. (2018). Pengaruh Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Informasi Lingkungan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Listed di Bursa Efek Indonesia dan Menjadi Peserta PROPER pada Tahun 2014-2016). Prosiding Akuntansi, 4(1), 188-195.

Afsah. (2019). Ceceran Batu Bara Cemari Pantai, Mata Pencaharian Nelayan Aceh Terancam. Diakses permasalahan lingkungan di Indonesia pada 28 September 2019 melalui https://daerah.sindonews.com/.

Algifari. (1997). Analisis Statistik untuk Bisnis: Dengan Regresi, Korelasi, dan Nonparametrik. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Arif, S. (2018). Limbah Cemari Lingkungan, Aktivitas Pabrik Tekstil Dihentikan Warga. Diakses permasalahan lingkungan di Indonesia pada 28 September 2019 melalui https://daerah.sindonews.com/.

Ciriyani, N. K., & Putra, I. M. P. D. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Umur Perusahaan pada Pengungkapan Informasi Lingkungan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 17(3), 2091-2119.

Hadjoh, R. A., & Sukartha, I. M. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kinerja Keuangan dan Eksposur Media pada Pengungkapan Informasi Lingkungan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 4(1), 1-17.

Harahap, S. S. (2016). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Hossain, M., Islam, K., & Andrew, J. (2006). Corporate Social and Environmental Disclosure in Developing Countries: Evidence from Bangladesh. The Asian Pacific Conference on International Accounting Issues, Hawaii.

Ijma, Haris, N., & Yusnita, N. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Porsi Kepemilikan Publik, terhadap Environtmental Disclosure (Studi pada Perusahaan Logam dan Mineral Lainnya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). E-Jurnal Katalogis, 6(4), 1-9.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Nofianti, N., Uzliawati, L., & Sarka. (2015). Pengaruh Corporate Governance terhadap Environmental Disclosure dengan Environmental Performance sebagai Variabel Moderating. Trikonomika, 14(1), 38-46.

Purnama, D. (2018). Analisis Karakteristik Perusahaan dan Environmental Performance terhadap Environmental Disclosure. JRKA, 4(1), 1-14.

Respati, R., D. (2015). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Tipe Industri, dan Pengungkapan Media terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. (Skripsi), Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia.

Santoso, S. (2003). Statistik Deskriptif: Konsep dan Aplikasi dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta: ANDI.

Solikhah, B., & Winarsih, A. M. (2016). Pengaruh Liputan Media, Kepekaan Industri, dan Struktur Tata Kelola Perusahaan Terhadap Kualitas Pengungkapan Lingkungan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 13(1), 1-22.

Subanti, S., & Hakim, A. R. (2014). Ekonometri. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI.

Suratno, I.B., Darsono, dan Mutmainah, (2006), Pengaruh Environmental Performance terhadap Environmental Disclosure dan Economic Performance (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Periode 2001-2004). Simposium Nasional Akuntansi IX (Padang).

Susanto, Y. K., & Tarigan, J. (2013). Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report terhadap Profitabilitas Perusahaan. Business Accounting Review, Vol. 1.

Susilo, D. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Good Corporate Governance terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia Periode 2011-2014. (Skripsi), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia.

Wijaya, T. (2013). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zula, A. (2019). Ratusan Tambak Petani di Sekitar Kawasan PT. VDNI Terancam Hilang. Diakses permasalahan lingkungan di Indonesia pada 28 September 2019 melalui https://daerah.sindonews.com/.

www.sahamok.com. Daftar nama Perusahaan Pertambangan tahun 2016-2018. Diakses pada 2 Oktober 2019.

www.idx.co.id. Laporan Tahunan Perusahaan. Diakses pada 9 Oktober 2019.



Refbacks

  • There are currently no refbacks.