ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (Studi Kasus di Kabupaten Kubu Raya)

Bella Elyska

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan dengan menggunakan 4 variabel bebas yang mempengaruhi, yaitu Pelayanan Fiskus, Sanksi Denda, Kesadaran Wajib Pajak dan Pengetahuan Perpajakan. Dalam penelitian ini, sampelnya adalah masyarakat yang bertempat tinggal di lokasi penelitian yaitu Kabupaten Kubu Raya. Dengan sempel minimal 100 responden yang dipilih secara random. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 26. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa secara parsial pelayanan fiskus dan kesadaran wajib pajak berpengaruh signifikan, sedangkan sanksi denda dan pengetahuan perpajakan tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan semua variabel secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan di Kabupaten Kubu Raya.

 

Kata kunci : Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan, Pelayanan Fiskus, Sanksi Denda, Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan.

REFERENSI

 

Bandura, Albert. (1977). Social Learning Theory. Prentince-Hall, Inc., New Jersey.

 

Budhiartama, I. G. P., & I Ketut, J. (2016) Pengaruh Sikap, Kesadaran Wajib Pajak dan Pengetahuan Perpajakan, terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi dan Bangunan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 15, No.2.

 

Ersania, G. A. R., & Ni Ketut, Lely. A. M. (2018). “Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.22, No.3.

 

Faizin, M. R., Kertahadi., & Ruhana, I. (2016). Pengaruh Sosialisasi, Pemahaman, dan Kesadaran Prosedur Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Wajib Pajak Orang Pribadi Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan di Desa Mojoranu Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Perpajakan (JEJAK), Vol 9 No. 1.

 

Fitrianingsih, F. S., & Taufik, K. (2018). “Analisis Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Pelayanan Fiskus Dan Sanksi Denda Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan”. Di Kota Pasuruan. E-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, Vol.(1): 100-104.

 

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 20. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Cetakan ke VIII. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Jatmiko, N. A. (2006). Pengaruh Sikap Wajib Pajak Pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak: Studi Empiris Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang (Tesis), Program Pasca Sarjana Magister Sains Akuntansi Universitas Diponegoro.

 

Jotopurnomo, C., & Yenni, M. (2013). “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, Lingkungan Wajib Pajak Berada terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Surabaya”. Tax & Accounting Review, Vol.1, No.1.

 

Mardiasmo. (2016). “Perpajakan”, Edisi Revisi 2013. Jakarta: Andi.

 

Murti, H. W., Jullie J. S., & Harijanto. S., (2014). Pelayanan Fiskus dan Pengetahuan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Manado. Jurnal Emba, Vol.2, No. 3.

 

Nafiah, Z., & Warno. (2018). Pengaruh Sanksi Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (Studi Empiris di Kecamatan Candisari, Semarang). Jurnal STIE Semarang, Vol.10, No.1.

Oktafiyanto, I., & Dewi, K, W. (2015). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan. Jurnal Akuntansi, Vol.3 No.1.

 

Parera, A. M., & Teguh. (2017). Pengaruh kesadaran wajib pajak, pengetahuan perpajakan, sanksi perpajakan, dan pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak membayar pajak bumi dan bangunan (Studi empiris DPPKAD Yogyakarta) .Jurnal Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Vol.5, No.1.

 

Pohan, C. A. (2016). Pedoman Lengkap Pajak Pertambahan Nilai. Teori, Konsep, dan Aplikasi PPN. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Gava Media. Yogyakarta.

 

Rahmawan, E. (2012). Optimalisasi pemungutan pajak bumi dan bangunan (PBB) dalam peningkatan pendapatan daerah (Studi pemungutan pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kecamatan Limpasu Kabupaten Hulu Sungai Tengah). Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan Lokal. Vol.I, Edisi 2.

 

Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang No.28 Tahun 2007 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

 

Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang No.28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

 

Resmi, S. (2011). Perpajakan: Teori dan Kasus. Edisi 6. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

 

Resmi, S. (2012). Perpajakan: Teori dan Kasus. Edisi 6. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

 

Robbins, S. P., & Judge. 2008. Perilaku Organisasi. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

 

Salmah, S. (2018). Pengaruh Pengetahuan dan Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Jurnal Akuntansi, Prodi. Akuntansi – FEB, UNIPMA, Vol. 1, No. 2.

Sari, A. P. (2017). Pengaruh Pemahaman, Sanksi Perpajakan, Tingkat KepercayaanPada Pemerintah dan Hukum, serta Nasional terhadap KepatuhanWajib Pajak dalam membayar PBB-P2 (Studi Pada Wajib Pajak PBB-P2 di Kota Banjar). Jurnal Akuntansi dan Auditing, Vol.14, No.1.

 

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif dan Kualitatif, R & D). Bandung: CV Alfabeta

 

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Suyatmin (2004), Pengaruh Sikap Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan: Studi Empiris di Wilayah KP PBB Surakarta (Tesis) Program Pasca Sarjana Magister Sains Akuntansi Universitas Diponegoro.

 

Surat Edaran Direktorat Jenderal Pajak No. SE-84/PJ/2011 tentang Pelayanan Prima.

 

Susmita, P. R., & Supadmi, Ni. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak dan Penerapan e-Filling pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.14 No.2.

Tuwo, V. (2016). Pengaruh Sikap dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan di Kelurahan Tara-Tara Kota Tomohon. Jurnal EMBA, Vol.4 No.1.

 

Utomo, B. A. W. (2011). Pengaruh Sikap, kesadaran wajib Pajak, dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Kecamatan pamulang Kota Tangerang Selatan (Skripsi) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayahtullah Jakarta.

 

Widiastuti, R., & Laksito, H. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan pajak bumi dan bangunan (P-2) (Studi pada wpop di Kabupaten Klaten). Diponegoro Journal of Accounting, Vol: 3. No. 2.

 

https://bangka.tribunnews.com/2018/12/10/capai-pbb-p2-100-persen-pemkabbabar-berikan-penghargaan-untuk-desa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.