IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL DAN MENENGAH (SAK – EMKM) DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UMKM (Studi Kasus pada UMKM Pizza Una Ketapang)

Utin Nurhaliza

Abstract


ABSTRAK

Pihak bank atau lembaga keuangan biasanya akan mensyaratkan laporan keuangan yang sesuai dengan standar keuangan yang berlaku untuk melihat kelayakan pemberian kredit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk implementasi SAK EMKM pada pencatatan dan penyusunan laporan keuangan serta mengetahui faktor – faktor yang menjadi kendala dalam penerapan SAK EMKM pada usaha UMKM Pizza Una Ketapang. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah UMKM Pizza Una Ketapang masih belum mengetahui dan memahami adanya SAK EMKM, sehingga penyusunan laporan keuangannya hanya sebatas memenuhi kebutuhan dan sesuai pengetahuan dan pemahaman pemilik usaha saja. Faktor kendala yang membuat UMKM tersebut belum menerapkan SAK EMKM adalah (1) masih belum mengetahui dan memahami adanya SAK EMKM, (2) kurangnya SDM yang bisa melakukan pencatatan laporan keuangan, (3) masih terbatasnya instansi terkait dalam memberikan sosialisasi maupun pelatihan tentang penyusunan laporan keuangan berbasis SAK EMKM.

 

Kata Kunci : SAK EMKM, UMKM, Laporan Keuangan

 

DAFTAR PUSTAKA

Bahri, Syaiful.2016. Pengantar Akuntansi berdasarkan SAK ETAP dan IFRS. Yogyakarta: Penerbit Andi

 

Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta

 

Irham, Fahmi. 2011. Analisa Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

 

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan, PSAK No. 1. Penyajian Laporan Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

 

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2016. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah. Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan.

 

Isnawan, Ganjar. 2012. Akuntansi Praktis Untuk UMKM. Jakarta: Laskar Aksara.

 

Kieso, Donald E, Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield. 2007. Akuntansi Intermediate, Terjemahan Emil Salim, Jilid 1, Edisi Kesepuluh. Jakarta: Penerbit Erlangga.

 

Kriyantono, Rachmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta, Kencana.

 

Muchid, Abdul. 2012. Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan – Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK – ETAP) (Kasus pada UD. Mebel Novel’l di Banyuwangi). Jember: Universitas Jember.

 

Moleong, L, J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

 

Pura, Rahman. 2013. Pengantar Akuntansi: Pendekatan Siklus Akuntansi. Jakarta: Erlangga

 

Raja, Oskar, et. all. 2010. Kiat Sukses Mendirikan dan Mengelola UMKM. Jakarta: EL Press

 

Republik Indonesia. 2008. Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Lembaran Negara RI Tahun 2008. Sekretariat Negara. Jakarta

 

Republik Indonesia. 1998. Keputusan Presiden No. 99 Tahun 1998 Tentang Usaha Kecil dan Menengah. Sekretariat Kabinet RI. Jakarta

 

Sekaran, Uma. 2011. Metode Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

 

Shahab Abdullah.2009.Teori dan Problem Accounting Principles. Edisi 1. Bandung:SAS

 

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

 

Supardi.2005. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UII Press.

 

Winwin Yadianti, Ilham Wahyudin. 2006. Pengantar Akuntansi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

 

Yuniarta, Gede Adi. 2013. Persepsi Praktisi Akuntansi Terhadap Kelayakan Hasil Pengembangan Perangkat Simulasi Akuntansi untuk Usaha Kecil Menengah Berbasis Multimedia.Vol. 3, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.