PERLAKUAN AKUNTANSI ASET TETAP MENURUT PSAK NO.16 PADA PT BPR UKABIMA KHATULISTIWA PONTIANAK

Lala Rahmawati

Abstract


ABSTRAK

Setiap perusahaan pada umumnya memiliki aset tetap, baik yang berwujud maupun tidak berwujud. Hal ini disebabkan karena aset tetap merupakan sarana bagi perusahaan untuk menjalankan kegiatan operasionalnya. Sama halnya dengan PT BPR Ukabima Khatulistiwa Pontianak yang beranggapan bahwa aset tetap adalah hal penting yang dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Sehingga diharapkan mampu memberikan manfaat bagi perusahaan selama bertahun-tahun.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah perlakuan akuntansi aset tetap pada PT BPR Ukabima Khatulistiwa Pontianak telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No.16 Tahun 2017. Dalam penulisan penelitian ini, sifat penelitian yang digunakan adalah bersifat studi kasus. Dengan metode deskriptif kualitatif,  bersumber dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan.

Setelah melakukan penelitian, penulis memperoleh hasil penelitian bahwa perlakuan akuntansi aset tetap di PT BPR Ukabima Khatulistiwa Pontianak sudah sesuai dengan PSAK No.16. Namun sebaiknya perusahaan harus mempertimbangkan beberapa hal dalam  memperlakukan aset miliknya  seperti pencatatan atas pengeluaran setelah  perolehan aset tetap, penyusutan aset tetap, serta penghentian pengakuan untuk aset tetap.

 

Kata  Kunci : Aset tetap, Penyusutan Aset Tetap, Penghentian Pengakuan,


DAFTAR PUSTAKA

Accounting Principle Board (APB).(1970). Statement No. 4.Basic Conceptsand Accounting Principles Underlying Financial Statement of Business Entrprise. Amerika Serikat.

Deisy Seleste Ruata, Jantje J Tinango, Lidia M Mawikere, (2018). Evaluasi Perlakuan Akuntansi Aset Tetap Menurut PSAK No 16 Pada PT Bank Maluku Malut Cabang Tobelo.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado.

Hery dan Widyawati Lekok.(2011). Akuntansi Keuangan Menengah.Jakarta : PT Bumi Aksara

Hidayat  Muchtar. 2011. Manajemen Aset (Privat dan Publik). Yogyakarta: LaskBang

Horngren, Charles T, Walter T. Harrison.2007.Akuntansi, Edisi Ketujuh Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Indriantoro, Nur, Bambang Supomo, (2009). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama.Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Israyani, A. (2013). Perhitungan Akuntansi Aktiva Tetap Pada PT. Taspen (Persero) Cabang Pontianak.Tugas Akhir. Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Pontianak.

Munawir, S. (2007).Analisa Laporan Keuangan.Yogyakarta : Liberty.

Munawir, S. (2010).Analisa Laporan Keuangan.Yogyakarta : Liberty.

Pahlepi, Reza. (2011). Penerapan akuntansi aset tetap menurut PSAK No.16 pada PT.PLN (persero) Distribusi Jawa Tengah dan daerah istimewah Yogyakarta.Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Prasetyo, Agung. (2016). Pengertian Penelitian Deskriptif Kualitatif.[Online].Tersedia :https://linguistikid.blogspot.com[13 Juli 2018, 08:41 WIB]

Pradana, Yoga. (2015). Penerapan PSAK No.16 tentang aset tetap pada PT Perkebunan Nusantara XI (Persero.)PG Seoghono Ngawi.Univeritas Brawijaya, Malang.

Putri, Indah Septiana (2017). Analisis Perlakuan Akuntansi Aset Tetap Pada PT. Fokusindo Mitra Teknik  Berdasarkan PSAK No.16. Jurnal Ekonomi Bisnis Universitas Bhayangkara Surabaya.

Ratiharyati.(2010). Evaluasi Kebijakan Akuntansi Aktiva Tetap Menurut Standar Akuntansi Keuangan Pada PT.  Indosat, Tbk..Pontianak.

Rudianto.(2012). Pengantar Akuntansi.Jakarta : Erlangga.

Sangadji, M. E., & Sopiah.(2011). Metodologi Penelitian-Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Edisi I. Yogyakarta: Andi.

Siregar , Doli. (2004). Manajemen Aset. Jakarta: Satyatama Graha Tara.

Soemarso, SR. (2005). Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat

Sugiri, Slamet dan Agus, Riyono Bogat.(2002). Akuntansi Pengantar 1. Yogyakarta: UPP

Windasari, Kiki Hendrika.(2017). Penerapan Akuntansi Aset Tetap Berdasarkan Psak No. 16Pada PT. Temprina Media Grafika Jember.

Yadianti, Wiwin.(2009). Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Yoga, Perdana.(2015). Penerapan PSAK No.16 tentang aset tetap pada PT Perkebunan Nusantara XI (Persero) PG Seoghono Ngawi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.