PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU) DAN DANA ALOKASI KHUSUS (DAK) TERHADAP BELANJA MODAL DI KOTA PONTIANAK

Muhammad Fauqa Nurzuhri

Abstract


ABSTRAK

    

     Pembangunan ekonomi pada dasarnya adalah suatu proses perbaikan yang berkesinambungan dari suatu masyarakat atau sistem sosial secara keseluruhan menuju kepada kehidupan yang lebih baik, untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi diperlukan aset tetap seperti infrastruktur dan sarana prasarana yang dapat menunjang kegiatan perekonomian. Pembangunan suatu daerah membutuhkan alokasi dana dari pemerintah khususnya untuk pembiayaan pembangunan tersebut dan pembiayaan ini menjadi pos belanja rutin bagi pemerintah pusat dan daerah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Terhadap Belanja Modal di Kota Pontianak.

     Penelitian ini menggunakan studi kualitatif. Jenis data dalam penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data berupa data APBD Tahun 2015-2017 yang bersumber dari arsip Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pontianak, lalu wawancara mendalam dengan Kepala Dinas BKD Kota Pontianak dan beberapa studi kepustakaan/literatur yang mendukung penelitian ini.

     Hasil penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun 2015 hingga 2017, Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) mengalami peningkatan yang berdampak pada Belanja Modal di Kota Pontianak, sedangkan Dana Alokasi Umum (DAU) mengalami penurunan pada Belanja Modal di Kota Pontianak.

Kata Kunci: Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Belanja Modal

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Adhi, Karyadi Santika. 2017. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Belanja Modal Pada Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2011-2014. Skripsi. Yogyakarta. Universits Negeri Yogyakarta.

 

Amrozi, Akhmad I. 2013. Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Alokasi Belanja Pemerintah Daerah. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, Vol. 2, No. 9.

 

Fauzi, Teuku et al. 2014. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, dan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran Terhadap Belanja Bantuan Sosial Pemerintah Daerah Di Aceh. Jurnal Telaah & Riset Akuntansi, Vol. 7, No. 2, Hal. 76-92.

 

Fiona, Liza et al. 2016. Analisis Kapasitas Fiskal dan Pengaruhnya Terhadap Anggaran Belanja Modal (Studi Empiris Pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Pulau Sumatera Periode 2009-2013. Jurnal Ekonomi Volume 24, Nomor 1.

 

Gerungan, Henri Paulus et al. 2016. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Belanja Modal (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Utara). Manado. Universitas Sam Ratulangi.

 

Handoko, Asep Tri. 2012. Analisis Perkembangan Retribusi Pasar Daerah Sebagai Sumber Pembiayaan Otonomi Daerah di Kabupaten Pemalang Tahun 2007-2011. Economics Develpoment Analysis Journal 1. Universitas Negeri Semarang.

 

Jaeni, Greg dan Anggana L. 2016. Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Variabel Pemoderasi Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Belanja Modal. Jurnal Unisbank Semarang.

 

Juniawan, Made Ari dan Ni Putu Santi Suyantini. 2018. Pengaruh PAD, DAU, dan DAK Terhadap Belanja Modal Kota dan Kabupaten di Provinsi Bali. Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 3, Hal. 1255-1281.

 

Kusumawati, Lily dan I Gusti Bagus. 2018. Pengaruh Pendapatan Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Wilayah Sarbagita Provinsi Bali. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 5.

 

Mubasiroh, Lailatul. 2018. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Terhadap Belanja Modal di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2010-2016. Skirpsi. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

 

Oktafia, Ardiani Maulidia et al. 2018. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) Terhadap Produk Domestik Regional Bruto  (PDRB) Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol. 2, No. 1, Hal 53-62.

 

Permanasari, Windha Amiga. 2013. Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Skripsi. Jawa Tengah. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

 

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

 

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2005 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

 

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

 

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2000 Tentang Dana Perimbangan.

 

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2005 Tentang Dana Perimbangan.

 

PMK Nomor 145/PMK.07/2013 Tentang Pengalokasian Anggaran Transfer.

 

Purwanto. 2013. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan Dana Alokasi Umum (DAU) Terhadap Belanja Modal (Studi Kasus Pada Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2008-2011). Yogyakarta. Univesitas Negeri Yogyakarta.

 

Rahmawati, Nur Indah. 2010. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) Terhadap Alokasi Belanja Daerah (Studi Pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Tengah). Skripsi. Semarang. Universitas Diponogoro.

 

Sianturi, Anastasia et al. 2018. Peran Pendapatan Asli Daerah Dalam Menunjang Desentralisasi Fiskal dan Pembangunan Daerah (Studi pada Dinas Pendapatan Kota Batu). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 2, No. 3, Hal. 557-563.

 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2004 Tentang Jabatan Notaris

 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah.

 

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah

Widyawati, Retno. 2018. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Alokasi Belanja Modal (Studi Empiris pada Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah Periode (2015-2016). Skripsi. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

 

Website:

http://www.wikiapbn.org/pernyataan-standar-akuntansi-pemerintahan/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.