FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MANAJEMEN PAJAK DENGAN INDIKATOR TARIF PAJAK EFEKTIF (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2016-2018)

ria anggraini anggraini

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Faktor-faktor tersebut adalah ukuran perusahaan, tingkat hutang perusahaan, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan terhadap manajemen pajak dengan tarif pajak efektif sebagai indikatornya. Data penelitian ini terdiri dari rasio keuangan yang dihitung berdasarkan laporan keuangan dari 24 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tiga tahun dari periode 2016-2018. Hasil penelitian menyatakan bahwa pertama, ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen pajak (tarif pajak efektif). Hasil penelitian lainnya menyatakan bahwa tingkat hutang perusahaan, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen pajak (tarif pajak efektif).

Kata kunci : manajemen pajak, tarif pajak efektif, ukuran perusahaan, hutang perusahaan, profitabilitas, pertumbuhan penjualan.

 

DAFTAR PUSTAKA

Agnes, Sawir. (2004). Kebijakan Pendanaan dan Restrukturisasi Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Amalia. (2015). Analisis Penerimaan Pajak Indonesia: Pendekatan Ekonomi Makro. Skripsi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Atarwaman, R.J.D. (2011). Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Praktik Perataan Laba Yang Dilakukan Oleh Perusahaan Manufaktur Pada Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Advantege. Vol. 2, No. 2.

Darmadi, I.N.H. (2013). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Pajak dengan Indikator Tarif Pajak Efektif  (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2011-2012). Skripsi. Universitas Diponegoro.

Darmadi, I.N.H., dan Zulaikha. (2013). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Pajak Dengan Indikator Tarif Pajak Efektif Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2011-2012”. Jurnal Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Deitiana, T. (2011). Pengaruh Rasio Keuangan, Pertumbuhan Penjualan dan Deviden terhadap Harga Saham13 (1):  Jurnal Bisnis dan Akuntansi , 5766.

Derashid, Check, dan Hao Zhang. (2003). Effective Tax Rates and the Industrial Policy Hypothesis: Evidence from Malaysia. Journal of International Accounting Auditing and Taxation. 45–62

Dewinta, I. A., dan Setiawan, P. E. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Tax Avoidance. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1584-1613.

Fatharani, Nazhaira. (2012). Pengaruh Karakteristik Kepemilikan, Reformasi Perpajakan, dan Hubungan Politik Terhadap Tindakan Agresif Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2007-2010. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Ghozali, I. (2011). Ekonometrika Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang: Universitas Diponegoro

Haryadi, Teddy. (2012). Pengaruh IntensitasModal, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tarif Pajak Efektif Pada Perusahaan Pertambangan Di BEI Tahun 2010-2011

Henny, dan Febrianti, M. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Pajak Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Vol.18, No. 2. 159-166

Imelia, Septi. (2015). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Pajak Dengan Indikator Tarif Pajak Efektif (ETR) Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012. Fakultas Ekonomi Universitas Riau, Pekanbaru.

Lanis, R., dan Richardson, G. (2012). Corporate Social Responsibility and Tax Aggresiveness: an Empirical Analysis. Journal of Accounting and Public Policy. 31, 86-108.                                                          

Lumbantoruan, S. (1999). Akuntansi Pajak (Edisi Revisi). Jakarta: Grasindo

Masri, I., dan Martani, D. (2012). Pengaruh Tax Avoidance Terhadap Cost Of Debt. Simposium Nasional Akuntansi XV. Banjarmasin.

Nicodème, Gaëtan. (2007). Do Large Companies Have Lower Effective Tax Rates? A European Survey. Belgia : Solvay Business School (ULB)

Noor et al. (2010). Corporate Tax Planning: A Study On Corporate Effective Tax Rates of Malaysian Listed Company. International Journal of Trade, Economics and Finance, 1(2), August.

Pohan, C.A. (2017). Optimizing Corporate Tax Management: Kajian Perpajakan dan Tax Planning-nya Terkini. Jakarta: PT Bumi Aksara

Prabowo, Yusdianto. (2006). Akuntansi Perpajakan Terapan. Jakarta : Grasindo

Prakoso, Y.A. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tarif Pajak Efektif pada Wajib Pajak Badan (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2016). Skripsi. Universitas Lampung.

Pratiwi, Desak Eva Indira. (2013). Perencanaan Pajak Sebagai Upaya Legal Untuk Meminimalkan Pajak Penghasilan (Studi Kasus Pada KSU Griya Anyar Sari Boga). Jurnal Ilmiah. Universitas Brawijaya.

Rahmawati, D., dan Muid,D. (2012). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Praktik Perataan Laba (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2007—2010). Jurnal Akuntansi. Vol.1 No.2 Hal.1-14

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardani, D.K., Putri, H.N.S. (2018). Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Manajemen Pajak. Jurnal Akuntansi & Manajemen Akmenika Vol.15 No.1. 11-23.

Yulfaida dan Zhulaikha. (2012). Pengaruh Size, Proftabilitas, Profile, Leverage dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia, Semarang: UNDIP, DIPONEGORO JOURNAL OF ACCOUNTING Volume 1, Nomor 2

www.idx.co.id

www.sahamok.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.