ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTEK INCOME SMOOTHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERMASUK DALAM INDEKS KOMPAS 100 BURSA EFEK INDONESIA

LUSI ADITIA NINGSIH B41109025

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara debt to equity, net profit margin dan profitabilitas (ROI) terhadap adanya praktek income smoothing (perataan laba) pada perusahaan yang menjadi sampel pada penelitian ini.

Penelitian ini menggunakan 13 perusahaan sampel yang mana sampel tersebut merupakan perusahaan manufaktur yang termasuk di dalam Indeks KOMPAS 100 di Bursa Efek Indonesia. Dengan total observasi 39 perusahaan dalam 3 periode 3 tahum mulai dari tahun 2009 hingga 2011 berdasarkan purposive sampling. metode yang digunakan adalah regresi berganda.

Untuk menguji hipotesis, peneliti menggunakan uji t statistik dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti variabel profitabilitas (ROI) berpengaruh secara signifikan terhadap praktek income smoothing. Sedangkan untuk variable debt to equity dan net profit margin tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadp praktek income smoothing yang dilakukan oleh manajemen perusahaan.

Kata kunci : income smoothing (perataan laba), debt to equity, net profit margin dan profitabilitas (ROI)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]