Pengaruh Peran Perangkat Desa dan Partisipasi Masyarakat terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa ( Studi Empiris pada Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang)

sisca wulandari

Abstract


Berdasarkan pernyataan dari masyarakat di Kecamatan Matan Hilir Selatan,  untuk penatausahaan alokasi dana desa belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan peraturan daerah. Banyaknya keluhan masyarakat tersebut timbul karena kurangnya fasilitas untuk masyarakat. Pengelolaan keuangan desa yang tidak baik menyebabkan kurangnya pembangunan di desa tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang dilakukan pada Kecamatan Matan Hiir Selatan, Kabupaten Ketapang. Populasi dalam penelitiaan ini adalah enam desa di Kecamatan Matan Hilir Selatan yang mendapatkan dana desa dan sampel sebanyak 51 orang  yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data primer dengan cara pembagian kuesioner kepada objek penelitian. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 23. Pengaruh peran perangkat desa berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa pada Kecamatan Matan hilir Selatan.  Partisipasi masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa pada Kecamatan Matan Hilir Selatan. Dengan kontribusi variabel independen sebesar 40,4%, dan 59,6% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistik Kabupaten Ketapang (2018) Kecamatan Matan Hilir Selatan Dalam Angka. https://ketapangkabbps.go.id

Borneonetv (2019). Tiga Desa di Kecamatan Matah Hilir Selatan Diperiksa. http://borneonetv.com/2019/07/26/tiga-desa-di-kecamatan-matan-hilir-selatan-diperiksa/

Dewi, N. K. A. J. P. dan Gayatri. (2019). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Pada Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 26(2), 1269-1298. DOI: 10.24843/EJA.2019.v26.i02.p12.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang. Badan Penerbit Universitas Dipenegoro.

Halim, A. dan Iqbal, M. (2012). Pengelolaan Keuangan Daerah: Seri Bunga Rampai Manajemen Keuangan Daerah Edisi 3. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Indrianasari, N. T. (2017). Peran Perangkat Desa Dalam Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Pada Desa Karangsari Kecamatan Sukodono). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Pajak 1(20). 29-46.

Mahayani, N. L. A. (2017). Prosocial Behavior dan Persepesi Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Dalam Konteks Budaya Tri Hita Karana. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 12(2), 129-144.

Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik Edisi Kedua. Yogyakarta:UPP STIM YKPN.

Mardiasmo. (2002). Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Andi Offset: Yogyakarta.

Nainggolan, F. A. (2018). Peran Perangkat Desa Dalam Akuntabilitas Dana Desa (Studi Kasus Desa Ramunia II  Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara, Indonesia.

Pratama, R. E. (2018). Akuntabilitas, Transparansi, dan Partisipasi Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Pada Desa di Kecamatan natar Kabupaten Lampung Selatan). Skripsi

Sedarmayanti, dan Hidayat. S. (2011). Metode Penelitian. Bandung: Mandar Maju.  Setiana, N. D. dan Yuliani, N. L. (2017). Pengaruh Pemahaman dan Peran Perangkat Desa Terhadap Pengelolaan Dana Desa.University Research Colloquium. 2050-210.  https://juornal.ummgl.ac.id 

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugista, R. A. (2017). Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, dan Partisipasi dalam Pengelolaan Keuangan Desa Terhadap Pembangunan Desa (Studi Empiris di Kabupaten Lampung Selatan). Skripsi

Sujarweni,V.W. (2015).  Teori, Konsep, dan Aplikasi. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Sumarna, A. (2018). Pengelolaan Keuangan Desa Permendagri 20/2018. https://www.keuangandesa.info

Sutrawati, K. (2016). Peran Perangkat Desa Dalam Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Pada Desa Pudaria Jaya Kecamatan Moramo. Skripsi.  Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia.

Umami, R. dan Nurodin, I. (2017). Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Terhadap Pengelolaan Keuangan Desa. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi 3(11). 74-80.

Widiyanti, A. (2017). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Alokasi Dana Desa. Skripsi.  Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia.

Yesinia, N. I., Yuliarti, N. C. dan Puspitasari, D. (2018). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa. Jurnal Aset: Akuntansi Riset, 10(1), 105-112. DOI: 10.17509/jaset.v10i1.12741.

                


Refbacks

  • There are currently no refbacks.