Keterkaitan antara Modal Intelektual terhadap Kualitas Pelayanan Bank Jawa Barat dan Banten dari Perspektif Teori Stakeholder

Verren Tjung B1031151032

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan Modal Intelektual terhadap Kualitas Pelayanan dalam Bank BJB dari Perspektif Teori Stakeholder. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menganalisis menggunakan metode konten analisis. Data yang digunakan sebagai objek penelitian adalah laporan tahunan Bank BJB dari tahun 2008-2017 yang diperoleh dari Idx dan website perusahaan.

Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Modal intelektual memiliki keterkaitan yang cukup erat dengan kualitas pelayanan. Namun, dari perspketif teori stakeholder, bank bjb belum menginformasikan secara lengkap mengenai kualitas pelayanan kepada stakeholder, namun untuk sistem teknologi informasi telah diungkapkan dengan baik.

Kata kunci: modal intelektual, sistem teknologi informasi, kualitas pelayanan, dan stakeholder

 

Daftar Pustaka 

Aloysius, A., & Kasmiruddin. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah pada Tabungan BTN Batara (Kasus: PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., Cabang Medan). JOM FISIP , 2-3.

Anna, Y. D., & Dwi RT, D. R. (2018). Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Corporate Governance Terhadap Intellectual Capital Disclosure serta Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan , 233-246.

Bontis, N. (2003). Intellectual Capital Dislosure in Canadian Corporations. Emerald Insight , 2-3.

Gronroos, C. (1993). From Scientific Management to Service Management. International Journal of Service Industry Management , 5-20.

Guthrie, J., Petty, R., & Yongvanich, H. (2004). Using Content Analysis as a Research Method to Inquire into Intellecual Capital Reporting. Emerald Insight , 282-293.

Indonesia, B. (2008). Kajian Stabilitas Keuangan. Jakarta: Bank Indonesia.

Indonesia, B. (2009). Kajian Stabilitas Keuangan. Jakarta: Bank Indonesia.

Indonesia, B. (2010). Kajian Stabilitas Keuangan. Jakarta: Bank Indonesia.

Indonesia, B. (2011). Kajian Stabilitas Keuangan. Jakarta: Bank Indonesia.

Indonesia, B. (2012). Kajian Stabilitas Keuangan. Jakarta: Bank Indonesia.

Indonesia, B. (2013). Kajian Stabilitas Keuangan. Jakarta: Bank Indonesia.

Indonesia, B. (2014). Kajian Stabilitas Keuangan. Jakarta: Bank Indonesia.

Indonesia, B. (2015). Kajian Stabilitas Keuangan. Jakarta: Bank Indonesia.

Indonesia, B. (2016). Kajian Stabilitas Keuangan. Jakarta: Bank Indonesia.

 

Indonesia, B. (2017). Kajian Stabilitas Keuangan. Jakarta: Bank Indonesia.

Kim, S., & Kleiner, B. H. (1996). Service Excellence in the Banking Industry. Emerald Insight , 22-27.

Krippendorff, K. (2013). Content Analysis (Communication) I. United States of America: Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

Mainardes, E. W., Alves, H., & Raposo, M. (2011). Stakeholder theory: issues to resolve, Management Decision, Vol. 49 Issue: 2. Emerald Insight , 226-252.

Nasution, S. (2002). Metode Research: Penelitian ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Ramirez, Y., Tejada, A., & Manzaneque, M. (2016). The Value of Disclosing Intellectual Capital in Spanish Universities: A New Challenge of Our Days. Emerald Insight , 3-5.

Satori, D., & Komariah, A. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Singh, I., & Van Der Zahn, J.-L. W. (2008). Determinants of Intellectual Capital Disclosure in Prospectuses of Initial Public Offerings. Accounting and Business Research , 409-431.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Ulum, I. (2009). Intellectual Capital. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Walker, B. L., & Cheung, Y. P. (1998). IT to support service quality excellence in the Australian banking industry, Vol. 8 No. 5. Managing Service Quality , 350-358.



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]