ANALISIS DAMPAK KONVERGENSI IFRS TAHAP IMPLEMENTASI PADA LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN-PERUSAHAAN SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA

Haadi Yanuar B41107042

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran serta analisis dampak dari konvergensi IFRS pada tahap persiapan akhir (2011) menuju tahap implementasi (2012). Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah aset tetap, liabilitas jangka panjang, laba bersih, rasio gearing, dan rasio aset tetap terhadap kewajiban jangka panjang.

Penelitian ini dianalisis menggunakan uji statistik rata-rata dan chi square dengan data variabel yang telah diolah menjadi indeks komparatif Gray. Data diambil dari website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi penelitian berjumlah 38 perusahaan, yaitu perusahaan-perusahaan Sektor Aneka Industri yang listing di BEI. Sampel berjumlah 16 perusahaan diambil dengan teknik purposive sampling dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan penulis.

Hasil penelitian menunjukkan konvergensi IFRS tahap implementasi berdampak signifikan positif terhadap aset tetap. Selain itu konvergensi IFRS tahap implementasi juga berdampak signifikan positif terhadap liabilitas jangka panjang dan laba bersih. Sedangkan pada rasio gearing dan rasio aset tetap terhadap kewajiban jangka panjang, konvergensi IFRS tahap implementasi tidak menunjukkan dampak yang signifikan.

Kata kunci : konvergensi IFRS, tahap implementasi, sektor aneka industri, laporan keuangan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.