ANALISIS PERTUMBUHAN KEMAMPUAN KEUANGAN DAERAH SETELAH PEMEKARAN DALAM MENDUKUNG PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH DI KABUPATEN PONTIANAK TAHUN ANGGARAN 2007-2011

DEVIA BONITA B41108026

Abstract


Penelitian ini berjudul Analisis Perkembangan Kemampuan Keuangan Daerah Setelah Pemekaran Dalam Mendukung Otonomi Daerah di Kabupaten Pontianak Tahun Anggaran 2007 -2011. Masalah umum penelitian ini adalah Bagaimana Perkembangan Kemampuan Keuangan Daaerah di Kabupaten Pontianak Setelah Pemekaran Daerah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu dengan cara studi survey karena bersifat menyeluruh dan berusaha untuk mendapatkan gambaran tentang perkembangan kemampuan keuangan daerah di Kabupaten Pontianak dalam mendukung pelaksanaan otonomi daerah. Alat pengumpul data yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar catatan atau dokumen.

Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis menggunakan rasio APBD, yang terdiri dari Rasio Kemandirian Keuangan Daerah, Rasio Derajat Desentralisasi, Rasio Indeks Kemampuan Rutin, Rasio Keserasian, Rasio Pertumbuhan dan Rasio Efektifitas dan Efesiensi PAD didapatlah hasil yang menunjukkan perkembangan perekonomian yang masih dapat dikategorikan sangat rendah, yang merupakan dampak dari pemekaran daerah. Hal ini menyebabkan sulit berkembangnya pembangunan di daerah Kabupaten Pontianak kurang berkembang dengan baik.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.