ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY(CSR) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan media exposure terhadap pengungkapan CSR. Dalam penelitian ini terdapat 4 variabel independen yang diuji yaitu profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan media exposure. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 42 perusahaan dan yang menjadi sampel sebanyak 21 perusahaan.Periode pengamatanberlangsung dari tahun 2015 hingga 2017. Total sampel penelitian adalah 63 yang ditentukan melalui metode purposive sampling, data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis denganm etode regresi berganda menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian ini dilakukan secara parsial dan menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan CSR, ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan CSR, leverage berpengaruh secara positif terhadap pengungkapan CSR, dan media exposure berpengaruh secara positif terhadap pengungkapan CSR.
Kata kunci: pengungkapan CSR, profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, dan media exposure.
DAFTAR PUSTAKA
Adnantara, K. F. (2013). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham dan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan. Jurnal Buletin Studi Ekonomi, 18(2), 107–130.
Ati, H. 2011. Media Richness Theory Dan Potensi Website Sebagai Media Komunikasi CSR Oleh Perusahaan. Jurnal Ekonomi Bisnis, Nomor I Vol 15, 9-17. April 2011.
Aulia, Febri Zaini, dan Linda Agustina. 2015. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Kinerja Lingkungan, Dan Liputan Media Terhadap Environmental Disclosure.” Accounting Analysis Journal 4 (3). https://doi.org/ISSN 2252-6765.
Bertens. 2000. “Pengantar Etika Bisnis” Yogyakarta: Kansius
Budiman, Nita Andryani. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana (Jramb). 1(1), 15-17
Bursa Efek Indonesia. (2017).LaporanKeuanganTahunan. http://www.idx.co.id/idid/beranda/perusahaantercatat/laporankeuangandantahunan.aspx. Updated on: 27 Desember 2017
Dessthania, Riva. 2016. "Riset Temukan Kualitas CSR Perusahaan Indonesia Rendah."cnnindonesia.com.https://www.cnnindonesia.com/nasional/2016072107414420-146030/riset-temukan-kualitas-csr-perusahaan-indonesiarendah.
Dermawan, Decky dan Tita Deitiana. 2014. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 16(2). 160-161
Dibiyantoro. 2011. Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Perusahaan terhadap Mandatory Disclosure Financial Statement pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi Vol. 1 No.2.
Ekowati, Lilis., Prasetyo, dan Anis Wulandari. 2014. “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Growth, dan Media Exposure terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan(Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2010-2012)”. Dalam Simposium Nasional Akuntansi XVII. Mataram. Hal. 1-24.
Evi Erviana, Afifudin dan Junaidi. 2017. Analisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Kepemilikan Saham Publik
Terhadap Kebijakan Pengungkapan Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016. Jurnal ilmu dan Riset Akuntansi, 5(1): 100-101
Fahmi, Faisal Nur, 2015. Pengaruh Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas, Media Exposure Dan Umur Perusahaan Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal ilmu dan Riset Akuntansi, 6(3): 102-105
Ghozali, H. I., 2006, Analisis Multivariate Lanjutan dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang
Hadi, N. 2011. Corporate Social Responsibility. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Hadi, Nor (2014) “Corporate Social Responsibility” Yogyakarta: GrahaIlmu.
Hanafi, M. M. (2011). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.
Hasnia dan Dr.Siti Rofingatun. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas , Growth dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Dan Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015).Jurnal Akuntansi & Keuangan Daerah, 2(1): 59-61.
Heni Triastuti Kurnianingsih. 2013. Pengaruh Profitabilitas dan Size Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility.Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. 13(1): 6-9.
Hery(2015) “AnalisisLaporanKeuanganPendekatanRasioKeuangan” Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Hery (2016) “AnalisisLaporan Keuangan” Jakarta: PT. Grasindo
Ibrahim, M., Solikahan, E. Z., & Widyatama, A. (2015). Karakteristik Perusahaan, Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility, dan Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. 12(2):57-60.
Kamil, Ahmad dan Antonius Herusetya. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsibility.MediaRiset Akuntansi Vol. 2 No. 1.
Kasmir.2010.“PengantarManajemenKeuangan” Jakarta: KencanaPrenada Media Group.
Kasmir (2012) “AnalisisLaporanKeuangan” Jakarta: RajaGrafindoPersada.
Kurnianingsih, Heni Triastuti. 2013. Pengaruh Profitabilitas dan Size Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Vol 13 No. 1
Linda Pratiwi dan Kun Ismawati. 2017. Analisis Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2014. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 15(2): 24-25.
Maiyarni, R., Susfayetti, & Erwati, M. (2014). Pengaruh Profitabilitas , Ukuran Perusahaan , Likuiditas , dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan LQ-45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2012. Jurnal Cakrawala Akuntansi, 6(1), 79– 94.
Melati, Putri. 2014. Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Studi Empiris pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar Di BEI Periode 2010-2012. Jurnal Akuntansi, Riau, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Munsaidah, S., Andini, R., & Supriyanto, A. (2016). Analisis Pengaruh Firm Size, Age, Profitabilitas, Leverage, dan Growth Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010-2014. Journal Of Accounting, 2(2).
Nur, Marzully., dan Denies Priantinah. 2012. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility di Indonesia”. Jurnal Nominal. Volume. 1. No. 1. Hal. 22-24.
Oktariani, Ni Wayan., dan Ni Putu Sri Harta Mimba. 2014. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Dan Tanggung Jawab Lingkungan Pada Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.” E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 3:402–18.
Priyatno, Dwi (2013) “AnalisisKorelasi, Regresidan Multivariate dengan SPSS” Yogyakarta: Gava Media.
Purnasiwi, Jayanti (2011) “Analisis Pengaruh Size, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan CSR Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Putri, Rindu Kurnia. 2017. “Pengaruh Ukuran perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Basis Kepemilikkan Terhadap Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI tahun 2012-2014”. Jurnal Manajemen. 4(1). Hal 568
Rachman, Efendi, dan Wicaksana. 2011. “Panduan Lengkap Perencanaan CSR” Jakarta: Penebar Swadaya.
Reverte, C. (2009). Deter’minants of Corporate Social Responsibility Disclosure Ratings by Spanish Listed Firms. Journal of Business Ethics, 88, 351-366.
Rindawati, Meita Wahyu. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kepemilikan Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. 4(6): 5-8.
Saputra, Syailendra Eka. 2016. Pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Size Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Ilmu Ekonomi. 5(1): 3-9
Sari, Dwi Novita (2017) “AnalisisPengaruhDewan Komisaris, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada Perusahaan Sektor Kertas dan Pulp yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”.Skripsi.Pontianak: UniverstitasTanjungPura.
Sari, Rizkia Anggita. 2012. “Pengaruh Karakteristik Perusahan terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure pada Peruahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Nominal. Volume 1 No.1. Hal. 124-140.
Sartono, R Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi. Edisi 4 BPFE: Yogjakarta.
Sembiring, E. R. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris Pada Perusahaan Yang Tercatat Di Bursa Efek Jakarta . SNA VIII Solo .
Siyoto dan Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Solihin, Ismail. 2009. Corporate Social Responsibility from Charity to Sustainability. Edited by Shelvy Dwi Citra. 1sted. Jakarta: Salemba Empat.
Suaryana, I. G. N. A., & Dewi, N. P. M. S. (2015). Pengaruh Profitabilitas dan kepemilikan Asing pada Pengungkapan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 1(1), 84–98.
Sugiyono. 2012. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. 2013Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Supomo dan Indriantoro. 1999. Metodologi Penelitian dan Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Gadjahmada.
Wijaya, Maria. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(1): 27-29
Website :
https://ekonomi.kompas.com
http://www.darya-varia.com/id/Pages/Home.aspx
http://www.akashainternational.com/
https://id.linkedin.com/company/deltadjakarta
https://www.sampoerna.com/sampoerna/id/overview
https://www.gudanggaramtbk.com/
http://www.merckmillipore.com/
https://www.chitose-indonesia.com/
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)
Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura
Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)
Phone : (0561) 785342, 583865
Email : kiafe@untan.ac.id