Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Pemerintah Desa di Kecamatan Seponti Kabupaten Kayong Utara dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD)

Titin Suhartini B1031141001

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip akuntabilitas dan transparansi pemerintah desa dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa  (ADD) di tahun 2017 di Kecamatan Seponti Kabupaten Kayong Utara yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pengawasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. narasumber terdiri dari sekretaris desa, bendahara desa kepala desa, sekretaris kecamatan, camat, dan juga masyarakat desa di Kecamatan Seponti. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumen dan survei. Teknik analisis data dimulai dari mengorganisasi data, penyederhanaan data, proses analisis data dan hasil interpretasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 6 (enam) desa yang berada dikecamatan Seponti hanya 5 (lima) desa yang telah menerapkan prinsip-prinsip akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan ADD. Perencanaan dan pelaksanaan ADD juga telah menerapkan prinsip akuntabilitas dan transparansi. Dengan demikian pertanggungjawaban secara fisik di Kecamatan Seponti  kurang baik dikarenakan kurang meratanya pembangunan dan tidak semua desa melaksanakan prinsip akuntabilitas dan transparansi. Secara administrasi masih diperlukan adanya perbaikan sehingga perlu pembinaan lebih lanjut, karena belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan  peraturan perundang-undangan . Pengawasan yang dilakukan pemerintah kecamatan Seponti juga belum baik untuk tahun 2017 dikarenakan masih ada desa yang luput dari pengawasan dan tidak menerapkan prinsip akuntabilitas dan transparansi dengan baik. Hambatan yang dialami yaitu terjadinya regulasi yang berubah-ubah sehingga menimbulkan kebingungan aparatur desa, hambatan lainnya adalah penyimpangan salah satu desa di Seponti, dan kurang merata serta tidak efektifnya program pemberdayaan masyarakat.

Kata kunci: Alokasi Dana Desa (ADD), Akuntabilitas, Transparansi, Pengawasan

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, Dendy Syaiful. (November  2017). Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam Mewujudkan Akuntabilitas Alokasi Dana Desa (ADD). Jurnal Ilmu Edukasi (Vol.5. No.2).

Aprisiami, Putriyanti. (2012). Penerapan Otonomi Desa dalam Menguatkan Akuntabilitas Pemerintah Desa dan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Aslik  Kecamatan Grabag Kabupaten Purwokerto. Fakultas ilmu social.

Aries, Iswahyudi dkk. (Desember 2016). Hubungan Pemahaman Akuntabilitas Transparansi partisipasi value for money dan good governance. Jurnal Ilmiah Akuntansi (Vol.1, No.11)

Arifiyanto, Dwi Febri, Taufik Kurrohman (2014). Akuntabilitas pengelolaan Alokasi Dana Desa di Kabupaten Jember. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan. (Vol 2. No.3).

 Bambang Wahyudi. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Sulita.

Dharma. Kelana Kusuma, (2015). Metodologi Penelitian. : Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta Timur: Cv. Trans Info Media.

Djaelani, Aunu Rofiq. (Maret 2013). Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif. : FPTK IKIP Veteran Semarang. (Vol 20, No.1).

Fajri,Rahmi dkk. (2015). Akuntabilitas Pemerintah Desa Pada Pengelolan Alokasi Dana Desa. Jurnal Administrasi Publik, (Vol.3, No.7).

Hadi, Sutrisno. (2004). Metodologi Research 2. Andi offset: Yogyakarta.

Hery Harjono Muljo, Heny Kurniawan dkk. (November 2014). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Terhadap Pengelolaan Anggaran. Accounting and Finance Department, Faculty of Economic and Communication, BINUS University.

Indriantoro, Nur, Bambang Supomo. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi pertama. BPFE:Yogyakarta.

Kumala, Sari. (November 2016). Transparansi Dan Akuntabilitas Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa.  Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (Vol.5, No.11)

Lestari, Sri. (2017). Analisis Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD). Skripsi, Jurusan Akuntasi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Negeri Surakarta.

Mahsun, Mohamad. (2014).  pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: BPFE.

Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

Marvanti,Iga Vidya dan Sugeng Praptoyo. Februari 2017. Alokasi Dana Desa Dalam Perspektif Akuntansi dan Keuangan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. (Vol.6, No.2).

Nafidah, Lina Nasihatun, Mawar  Suryaningtyas (2015). Akuntabilitas pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam. (Vol.3, No.1).

Nordiawan, Deddi, Ayuningtyas Hertianti. (2010). Akuntansi Sektor. Publik. Edisi kedua. Jakarta: Salemba Empat

Rosanlinda, Okta. (2014). Pengelolaan Alokasi Dana Desa (add) dalam Menunjang Pembangunan Pedesaan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Rani Eka Diansari. (2015). Analisis Implementasi Alokasi Dana Desa (ADD) Kasus Seluruh Desa di Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung Tahun 2013. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta.

Sulastri, Nova. Skripsi (2016).  Efektivitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam Meningkatkan Pembangunan Fisik Desa Lakapodo Kecamatan Watopute Kabupaten Muna. Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo Kendari.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke 19, Bandung: Alfabeta

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantiitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke 22, Bandung: Alfabeta

Dokumen-Dokumen:

Peraturan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia Nomor.113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa

Peraturan Bupati Nomor.6 Tahun 2017. Tentang Dana Desa Setiap Desa Kabupaten Kayong Utara. TA 2017

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.43 Tahun 2014

Undang – Undang Nomor. 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2010 Tentang Standar Akuntansi Pemerintah.

 

Tim Pelaksana ADD. 2017. Laporan hasil musrenbangdes kecamatan seponti. Kayong Utara.

Tim pelaksana ADD. 2017. Laporan Realisasi ADD. Boyolali

Tim Pelaksana ADD. 2017. LPJ ADD di desa kecamatan Seponti. Kayong Utara

Undang – undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah

 

Internet Akses

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIA/article/download/9992/6341  (diunduh tanggal 8 April 2018)

http://www.kamusq.com/2013/06/penelitian-kualitatif-adalah-pengertian.html (diunduh tanggal 13 april 2018)

http://www.sumberpengertian.co/pengertian-observasi-lengkap  (13 APRIL 2018)

http://www.kalbariana.web.id/sekilas-kabupaten-kayong-utara-kalimantan-barat/ (13 April)

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/43573/1/edita%20erlina%20rujiman.pdf

https://www.google.co.id/search?q=faktor+penghambat+pengelolaan+ADD&oq=faktor+penghambat+pengelolaan+ADD&aqs=chrome (5 Agustus 2018)

https://ejournal.stiesia.ac.id/jira/article/download/2563/2298

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.