ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK-ELEKTRONIK (KTP-EL) PADA KANTOR KECAMATAN SELIMBAU

rika carolina b1031141072 b1031141072

Abstract


ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan bukti empiris mengenai sistem pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk-elektronik khususnya pada instansi yang menerbitkannya yang mengacu pada sistem pengendalian internal dan prinsip penyelenggaraan pelayanan publik yang memiliki pengaruh terhadap sistem pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk-elektronik. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah data primer, populasi yang digunakan pegawai Kantor Kecamatan Selimbau sebanyak 28 orang dan data sekunder mengumpulkan informasi yang diperoleh dari buku, skripsi, serta jurnal yang berkaitan dengan sistem pembuatan KTP-Elektronik. Metode yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan analisis struktur organisasi, flowchart, kuesioner dan complience test. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat penerapan pada sistem pengendalian internal pemerintah dengan persentase 84 % dan pada prinsip penyelenggaraan pelayanan publik dengan persentase 81 % maka berdasrkan kriteria penilaian kuesioner Kantor Kecamatan Selimbau berjalan dengan efektif atau mempunyai pengendalian internal dan pelayanan publik yang memuaskan. Kriteria penilaian efektivitas tingkat ketaatan (complience test) dengan persentase 84 % menunjukan kriteria efektif, yang berarti pegawai telah menerapkan kebijkan dan prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak dalam proses pembuatan KTP-Elektronik dengan baik. Namun masih terdapat beberapa kendala seperti prosedur pembuatan KTP-Elektronik masih berbelit-belit, tempat dan lokasi serta fasilitas pendukung belum memadai, waktu pengambilan KTP belum akurat, sering mengalami ketidaksesuaian data/ dokumen dan tidak menunjukkan arahan pembuatan KTP-Elektronik yang spesifik serta tidak menggunakan flowchart.
Kata Kunci : Kartu Tanda Penduduk-Elektronik, sistem pengendalian internal Pemerintah, prinsip penyelenggaraan pelayanan publik+DAFTAR PUSTAKA

Agus Dwiyanto. (2012).Manajemen PelayananPublik : Peduli dan Kolaboratif.
Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Andi Prastowo. (2012).Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian.Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Anggi Nastiti.(2016).Penelitian Terdahulu. Analisis Sistem Pengendalian Internal PelayananPembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP-EL)

Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil. (2014). Rencana Strategis ( Renstra).
    Kantor Kecamatan Selimbau

Hall, James A. (2012). Accounting Information System Edisi ke 4. Jakarta: Salemba Empat
Hardiansyah. (2012). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media
Iskandar. (2013). Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif).Jakarta : Gunung Persada Press

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Nomor 15 Tahun (2014) tentang Pedoman UmumPenyelenggaraan Pelayanan Publik

Kurnia, Khafi. (2014). Macam-Macam Bentuk Organisasi.

Kurniawan, Luthfi J. (2015). Negara Kesejahteraan Dan Pelayanan Sosial : Intrans Publishing
Mulyadi.( 2012). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat
Ratminto dan Atik Septi Winarsih.(2012). Manajemen Pelayanan : Pengembangan Modul Konseptual,Penerapan Citizen Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sitorus, Lamhot. (2015). Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta : ANDI (Flowchart)

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tunggal, Amin Widjaja. (2013). Key Concepts in Auditing and Assurance Service.
    Jakarta : Harvarindo

Tuanakotta, Theodorus M. (2012). Auditing: Petunjuk Pemeriksaan Akuntan Publik. Jakarta:Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Undang-Undang Nomor 23 Tahun (2012) tentang Administrasi Kependudukan diisyaratkanHarus dilaksanakan dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan.





Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : kiafe@untan.ac.id