ANALISIS PERLAKUAN AKUTANSI ATAS BIOLOGICAL ASSET PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XIII (PERSERO)

Riduanto Sembiring B41109005

Abstract


Aset biologis merupakan suatu tanaman atau pohon atau binatang yang dapat mengalami transformasi. Transformasi biologis merupakan proses pertumbuhan, degenerasi, produksi, dan prokreasi yang disebabkan perubahan kualitatif dan kuantitatif pada makhluk hidup dan menghasilkan aset baru dalam bentuk produk agrikultur atau aset biologis tambahan pada jenis yang sama. Karena dapat mengalami transformasi maka diperlukan suatu pengukuran yang menunjukan nilai wajar dari aset tersebut secara wajar sesuai dengan kontribusinya dalam menghasilkan aliran keuntungan ekonomis bagi perusahaan. IASC (International Accounting Standar Committee) telah mempublikasi IAS 41 tentang Agrikulture yang mengatur tentang aset biologis. Dalam PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi) belum ada standar yang mengatur tentang perlakuan akuntansi aset biologis.

Penilitian ini dilakukan pada PT. Perkebunan Nusantara XIII (Persero) Pontianak yang bergerak dibidang perkebunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perlakuan akuntansi atas biological asset serta perbandingan perlakuan akuntansi atas biological asset diterapkan PTPN XIII dengan perlakuan akuntansi atas biological asset berdasarkan IAS 41 dan pengaruh perlakuan akuntansi atas biological asset pada laporan keuangan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara perlakuan akuntansi atas biological asset pada PTPN XIII yang masih menerapkan PSAK dengan perlakuan akuntansi atas biological asset berdasarkan IAS 41, hanya saja biological asset pada PTPN XIII mengunakan harga perolehan dan masih menggakui adanya depresiasi atau penyusutan sedangkan dalam IAS 41 menggunakan nilai wajar dalam pengukurannya dan tidak menggakui adanya depresiasi. Dan untuk mencapai keandalan laporan keuangan, perusahaan harus membuat catatan terkait dengan biological asset.

Kata Kunci : Biological Asset, IAS 41, PSAK, Agrikultur, Harga Perolehan, Nilai Wajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.