Pengaruh Manajemen Laba Riil pada Nilai Perusahaan dengan Penerapan Corporate Governance pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) dan Penawaran Saham Melalui Mekanisme Right Issue

Raka Bagja Nugraha B41109076

Abstract


Manajemen laba menarik diteliti karena dapat memberikan gambaran tentang perilaku manajer dalam melaporkan kegiatan usahanya pada suatu periode tertentu. Manajemen laba juga menjadi menjadi masalah yang serius yang dihadapi oleh praktisi, akademik akuntansi dan keuangan, alasan manajemen laba harus teliti karena (a) manajemen laba seolah-olah telah menjadi budaya perusahaan yang dipraktikan semua perusahaan didunia, (b) akibat dari manajemen laba tersebut, tidak hanya menghancurkan tatanana ekonomi namun juga menghancurkan tatanan etika dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh manajemen laba riil terhadap nilai perusahaan, (2) Untuk mengetahui pengaruh corporate governance sebagai variabel pemoderasi hubungan antara manajemen laba riil dengan nilai perusahaan .

Dalam penelitian ini populasinya adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan metode purposive sumpling dengan Kriteria sebagai (a) perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2009-2011, (b) perusahaan yang melakukan initial public offering (IPO) dan Right Issue Tahun 2009-2011, (c) perusahaan yang laporan keuangan dinyatakan dalam Rupiah, (d) perusahaan yang memiliki data lengkap mengenai kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen, dan kualitas audit.

Pengujian hipotesis dilakukan dengan dengan menggunakan analisis regeresi dengan interaksi. Hasil pengujian ini hipotesis pertama menunjukan bahwa manajemen laba riil berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan sedangkan hasil pengujian hipotesis kedua yaitu pengaruh corporate governance pada hubungan manajemen laba riil dengan nilai perusahaan tidak signifikan. Karena dalam penelitain ini ditemukan bahwa manajemen laba riil yang tinggi tidak dapat menurunkan nilai perusahaan pada saat CG rendah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.