PENERAPAN METODE ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) DALAM MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009 - 2011

RADITYA GEMILANG ARYANDA B41109113

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan masing-masing perusahaan yang menjadi objek penelitian selama tahun 2009-2011 dengan melihat hasil yang dapat diciptakan oleh perusahaan bagi para penyandang dana dan bagi perusahaan itu sendiri dengan menggunakan metode pengukuran Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya nilai EVA dan MVA yang dihasilkan.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan objek penelitian perusahaan sektor telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Yaitu PT. Bakrie Telecom, Tbk, PT. XL Axiata, Tbk, PT. Indosat, Tbk dan PT. Telkom, Tbk.Teknik pengumpulan data berupa studi dokumenter dan studi kepustakaan, dengan alat analisis menggunakan metode kuantitatif dalam perhitungan EVA dan MVA.

Penelitian berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dilakukan penulis terhadap keempat perusahaaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia menunjukkan apabila Nilai EVA dan MVA yang positif dapat mencerminkan perusahaan telah mampu menghasilkan tingkat pengembalian yang melebihi tingkat modal para penyandang dana. Namun dengan hasil yang didapatkan dari penelitian ini, beberapa perusahaan menghasilkan nilai EVA negatif pada periode waktu tertentu, berarti perusahaan tidak dapat menghasilkan nilai tambah ekonomi bagi para investor.

Keywords : Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), kinerja keuangan, laba akuntansi,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.