Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Tingkat Pertumbuhan Perusahaan, dan Konservatisme Akuntansi Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Okty Sumartini B41109007

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, tingkat pertumbuhan perusahaan, dan konservatisme terhadap pelaksanaan manajemen laba pada perusahaan sampel. Manajemen laba diproksikan akrual diskresioner berdasarkan model yang dimodifikasi Jones.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksploratori. Terdapat 11 sampel perusahaan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2011 yang terpilih melalui metode purposive sampling. Total observasi yang dilakukan adalah sebanyak 33 observasi. Adapun metode analisis yang dilakukan adalah metode analisis regresi berganda.

Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t, uji-F, serta uji determinasi. Hasil uji determinasi menunjukkan R-squared manajemen laba dapat dijelaskan 66.80% oleh ukuran perusahaan, tingkat pertumbuhan perusahaan, dan konservatisme. Hasil uji-F menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap variabel dependen. Berdasarkan uji-t ditemukan bahwa variabel konservatisme berpengaruh negatif dan sangat signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan tidak ditemukan adanya pengaruh signifikan dari variabel ukuran perusahaan dan tingkat pertumbuhan perusahaan terhadap manajemen laba.

Kata kunci: manajemen laba, ukuran perusahaan, tingkat pertumbuhan perusahaan, konservatisme


Refbacks

  • There are currently no refbacks.