KAJIAN TEORITIS PERLAKUAN AKUNTANSI UNTUK AGIO DAN DISAGIO SAHAM

Noviyanti B41109141

Abstract


Penerapan kebijakan akuntansi yang tepat dalam aktivitas perusahaan yang bergerak di sektor industri property dan real estat dan sektor industri manufaktur akan menghasilkan laporan keuangan yang tepat dan akurat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah melihat bagaimana kebijakan akuntansi terhadap pencatatan agio dan disagio saham yang diterapkan pad masing masing perusahaan yang bergerak di sector yang berbeda. Penelitian ini bertujuan juga untuk mengetahui prinsip akuntansi apa yang melandasi praktek pencatatan terhadap agio dan disagio saham perusahaan.

Penelitian ini menggunakan dua sampel perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu PT Agung Podomoro Land Tbk dan PT Indofood CBP Sukses Makmur dan menggunakan sampel perusahaan periode tahun 2010. Analisis pada penelitian ini berdasarkan pada PSAK No. 21, apakah masing masing perusahaan dalam pencatatannya mengikuti aturan sesuai menurut PSAK No. 21 atau tidak.

Hasil peneltian menunjukkan adanya perbedaan penyajian pencatatan dalam laporan keuangan dari masing masing sektor perusahaan tetapi tetap berdasarkan pada Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.21 tentang perlakuan pencatatan pengakuan agio dan disagio saham.

Kata Kunci:Agio, Disagio, Kebijakan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.