ANALISIS LAPORAN ARUS KAS UNTUK MENGUKUR DAN MENGEVALUASI KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

MEKANITA B41109100

Abstract


Setiap perusahaan wajib melakukan pelaporan arus kas dan menjadi bagian dari laporan keuangan. Sangat penting bagi perusahaan memiliki kas yang cukup tersedia untuk melakukan kegiatan operasi, investasi pendanaan serta pembayaran hutang. Untuk itu manajemen harus memperhatikan arus kas masuk dan keluar dari perusahaan karena arus tersebut menentukan likuiditas perusahaan. Laporan arus kas juga dipergunakan oleh para pemakai laporan keuangan untuk menilai serta mengevaluasi kondisi perusahaan serta perubahan-perubahan yang terjadi dalam arus kas perusahaan.

Penulis tertarik untuk mengetahui perkembangan kinerja keuangan PT Mayora Indah Tbk, PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk, dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk berdasarkan Laporan Arus Kas dengan menganalisisnya menggunakan analisis horizontal, analisis vertikal dan analisis rasio arus kas. Hasil dari analisis dapat digunakan untuk mengukur dan mengevaluasi kinerja perusahaan dari tahun 2010 hingga 2012.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa analisis laporan arus kas ini secara keseluruhan dinilai sudah baik karena ketiga perusahaan mampu menghasilkan nilai diatas standar ketentuan terutama pada akhir tahun penelitian.

Kata kunci: laporan arus kas, analisis rasio, kinerja keuangan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.