ANALISIS PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN GOOD CORPORATE GORVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM SUBSEKTOR RETAIL TRADE & COMPUTER AND SERVICE BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

MARIA GORETI SEPTIA B51109083

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh struktur kepemilikan dan 4 proxy good corporate gorvernance berpengaruh terhadap manajemen laba perusahaan. Populasi penelitian ini terdiri dari 12 perusahaan yang tergabung dalam subsektor Retail trade & computer and services yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Data tesebut dianalisis menggunakan analisis ekonometrika dan diuji dengan uji-t, uji-F, dan uji-R squared.

Hasil hipotesis pertama (H1) diterima yang menyatakan kepemilikan keluarga berpengaruh cukup signifikan terhadap manajemen laba. Hipotesis kedua (H2) diterima yang menyatakan kepemilikan institusional berpengaruh cukup signifikan terhadap manajemen laba. Hipotesis ketiga (H3) diterima yang menyatakan proporsi dewan komisaris independen berpengaruh cukup signifikan terhadap manajemen laba. Hipotesis keempat (H4) ditolak yang menyatakan ukuran dewan komisaris tidak memiliki pengaruh terhadap manajemen laba. Hipotesis kelima (H5) menyatakan variabel komite audit tidak dapat ditemukan pengaruhnya terhadap manajemen laba. Hipotesis keenam (H6) ditolak yang menyatakan kualitas audit tidak memiliki pengaruh terhadap manajemen laba.

Nilai probabilitas dari uji-F adalah 0,010876. Nilai tersebut menunjukkan bahwa semua variabel independent berpengaruh secara simultan dan sangat signifikan pada taraf ? = 0.01. Nilai koefisien determinasi menghasilkan 37,7%, hal ini berati 37,7% variasi dari praktek manajemen laba dapat dijelaskan oleh struktur kepemilikan dan praktek corporate governance. Sedangkan 62,3% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya yang tidak terdapat dalam model regresi.

Kata kunci : manajemen laba, struktur kepemilikan, good corporate gorvernance, proporsi dewan komisaris independen, ukuran dewan komisaris, komite audit, kualitas audit.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.