PENGARUH PENGUMUMAN PERUBAHAN PERINGKAT OBLIGASI TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2012

Ivan Julianto B41109060

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengumuman perubahan peringkat obligasi terhadap return saham yang terjadi pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Populasi pada penelitian ini adalah semua perusahaan yang menerbitkan obligasi dan diperingkat oleh Pefindo. Berdasarkan syarat-syarat pengambilan sampel, maka penelitian ini dilakukan pada 15 perusahaan yang obligasinya di peringkat Pefindo dan menerbitkan saham yang aktif diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2010 sampai dengan tahun 2012, dengan event window adalah 3 hari sebelum dan 3 hari sesudah pengumuman peringkat obligasi. Penelitian mengenai pengaruh peringkat obligasi terhadap return saham sudah sering dilakukan,namun hasil penelitian yang didapatkan cenderung tidak konsisten, sehingga diperlukan penelitian selanjutnya untuk mendapatkan hasil penelitian yang diharapkan akan lebih menyempurnakan penelitian mengenai pengaruh peringkat obligasi terhadap return saham.

Metode analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis uji t berpasangan. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa pengumuman perubahan peringkat obligasi berpengaruh secara signifikan terhadap return saham yang ditunjukkan dengan adanya perbedaan signifikan antara return saham sebelum dengan sesudah pengumuman perubahan peringkat obligasi.

Keywords : Peringkat Obligasi dan Return Saham


Refbacks

  • There are currently no refbacks.