PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

INA KHARISMA B41109019

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh tambahan bukti empiris mengenai pengaruh rasio keuangan terhadap peringkat obligasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh secara simultan dan parsial antara rasio keuangan terhadap peringkat obligasi. Adapun rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini antara lain rasio likuiditas, solvabilitas, profitabiltas, dan produktivitas.

Perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada 12 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) dan memiliki obligasi yang diperingkat oleh PT PEFINDO (Pemeringkat Efek Indonesia) selama periode 2008 2011. Metode penelitian penelitian ini menggunakan metode regresi linear berganda. Teknik analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan software SPSS versi 16.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara rasio keuangan terhadap peringkat obligasi. Kontribusi likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, dan produktivitas dalam menjelaskan peringkat obligasi sebesar 64,30 % berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil pengujian pengaruh secara parsial menunjukkan bahwa variabel likuiditas (current ratio) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap pemberian peringkat obligasi, variabel solvabilitas (debt to equity ratio) menunjukkan pengaruh negatif dan signifikan terhadap peringkat obligasi, variabel profitabilitas (profit margin on sale) memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap peringkat obligasi, sedangkan untuk variabel produktivitas (total assets turn over) menunjukkan pengaruh secara positif dan signifikan terhadap peringkat obligasi.

Keywords : peringkat obligasi, likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, produktivitas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.