PENGARUH KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH INDONESIA TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL (CSR) BERDASARKAN SHARIAH ENTERPRISE THEORY(Studi Pada Bank Syariah Indonesia)

OKTARIA TRINALANDA B1031141005

Abstract


ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Equity (ROE) Growht Asset Ratio, dan Current Ratio terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) pada Bank Syariah Indonesia yang terdaftad di Statistik Bank Syariah periode 2012-2017.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 11 perbankan syariah dengan berdasarkan teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan sampel sebanyak sampel sebanyak 6 perbankan syariah yang terdaftar di Statistik Perbankan Syariah periode 2012-2017. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Return On Equity (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR); (2) Growht Asset Ratio berpengaruh negatif dan siginifikan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR); (3) Current Ratio berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR); dan (4) Terdapat pengaruh Kinerja Keuangan (ROE, Grohwt Asset Ratio, dan Current Ratio) terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) secara simultan dengan signifikansi sebesar 0,036 dengan nilai R2 sebesar 15,9%.
Kata kunci: ROE, Growht Ratio, Current Ratio dan Corporate Social Responsblity

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Ahmad, Khurshid. 2003. The challenge of Global Capitalism: An Islamicperspective. (Online), (http://www.ips.org.pk, diakses 2003)

 

Alamsyah, Halim. Membangun Kapasitas dan Memperkuat Kontribusi Perbankan Syariah dalam Percepatan Pembangunan Ekonomi. Keynote speechdeputi gubernur Bank Indonesia pada acara seminar akhir tahun perbankan syariah, (Online), (http://www.bi.go.id, diakses 14 Desember2011).

 

Al Ghazali, Abu Hamid. (1937), al-Mustasfā (Cairo: al Maktabah al- Tijariyyah al-Kubra). Al-Syatibi.

 

Al-Ghazali, Abu Hamid. 2012. Ihya’ Ulumuddin jilid 4. Jakarta: Republika

 

Al Shatibi, Abu Ishaq. (d.790/1388), (n.d.), al-Muwāfaqāt fī Usūl al-Sharī‘ah (Cairo:al-Maktabah al- Tijariyyah al-Kubrā. n.d.).

 

Al-Qur’an dan Terjemahannya. 2005. Departemen Agama Republik Indonesia.

 

Azheri, Busyra. 2012, Corporate Social Responsibility, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

 

Amalia, Ayunita. 2007. Analisis Pelaporan Tanggung Jawab Perusahaan. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin.

 

Branco, Manuel Castelo dan Rodrigues, Lúcia Lima (2008). Factors InfluencingSocial Responsibility Disclosure by Portuguese Companies.Journal ofBusiness Ethics 83 (4):685 - 701.

 

Chapra, M Umer. 2007. The Islamic Vision of Development in the Light ofMaqasid Al-Shari’ah. Jeddah: Islamic Research and Training InstituteIslamic Development Bank.

 

C. Jensen, Michael dan H. Meckling, William. 1976. Theory of the Firm: Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Journal ofFinancial Economics, October, 1976, V. 3, No. 4, pp. 305-360

 

C. Cosmin, Joldeş, dan Iamandi Irina Eugenia. 2009. ”Strategies of Corporate Social Responsibility in the European Union”. Annals of the University of Oradea Economic Science Series, Vol. 18 , Iss: October, h. 175-181. Diakses tanggal 14 September 2011 dari www.web.ebscohost.com

 

Douglas, Alex, John Doris, dan Brian Johnson. 2004. “Corporate Social Reporting inIrish Financial Institutions”. The TQM Magazine, Vol. 16, No 6, h. 387-395. Diakses tanggal 30 Juli 2011 dari www.emeraldinsight.com

 

Dowling, J dan Pfeffer, J. 1975. Organisation Legitimacy: Social values and Organizational Behaviour. Pacific Sociological Review. Vol. 18. Pp. 122-136.

 

Dusuki, Asyraf Wajidi and Dar, Humayon. 2005. Stakeholders’ Perceptions of Corporate Social Responsibility of Islamic Banks: Evidence from Malaysian Economy. The 6thInternational Confrence on IslamicEconomic and Finance.

 

Dusuki, Asyraf Wajidi dan Abdullah, Nurdianawati Irwani.2007. Maqasid al-Shari`ah, Maslahah, and Corporate Social Responsibility. The AmericanJournal of Islamic Social Sciences 24:1

 

Eklington, J. 1997. Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line of 21thCenturyBusiness. Capstone: Oxford.

 

Farook, Sayd and Lanis, Roman. 2005. Banking on Islam? Determinants of Corporate Social Responsibility Disclosure. The 6thInternationalConfrence on Islamic Economic and Finance.

 

Friedman, M. 1979. The Social Responsibility of Business Is to Increase Its Profit, The New York Times Magazine, September 13th.

 

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility (CSR). Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

Hardiansyah. Lingkungan, Masyarakat dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

– CSR, (online), (http://fema.ipb.ac.id. Diakses 11 September 2008).

 

Hasnia dan Dr.Siti Rofingatun. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas , Growth dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan.

 

Jurnal Akuntansi & Keuangan Daerah Volume 12, Nomor 1, Mei 2017: 56–71.

 

Ikatan Akuntan Indonesia. PSAK No. 01 (Revisi 2009). (online), (http://staff.blog.ui.ac.id., diakses pada 19 Juni 2009).

 

Jamali, Dima dan Mirshak, Ramez. (2007). Corporate Social Responsibility(CSR): Theory and Practice in a Developing Country Context.Journal ofBusiness Ethics 72 (3):243 - 262.

 

Kamali, Mohammad Hasyim. Maqasid al Shariah: The Objectives of Islamic Law, (Online), (http://www.sunniforum.com, diakses 30 Mei 2005)

 

Kartini, Dwi. 2009. Corporate Social Responsibility: Transformasi KonsepSustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Jakarta:Refika Aditama.

 

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta

 

Kusumo, Adi Yunanto. (2008. Analisis Kinerja Keuangan Bank Syariah Mandiri Periode 2002 – 2007 (dengan Pendekatan PBI No. 9/1/PBI/2007). Jurnal Ekonomi Islam (La_Riba). Vol. II, No. 1, Juli 2008.

 

Lestari, Deni. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Return On Equity (Studi Kasus Pada Bank Negara Indonesia, Tbk dan Bank Rakyat Indonesia, Tbk Tahun 2010 - 2014). E-Jurnal Akuntansi vol (2) No (1) 2016.

 

Maali, Bassam dkk. 2006. Social Reporting by Islamic Bank. ABACUS Vol. 42,No.2. Australia: The University of Sydney. Maggiolini, Piercarlo, dan Krysnaia Nanini. 2006. “Corporate Social Responsibility as a Symptom of the Existensial Dissatisfaction in Post-Industrial Economy”. Brazilian Journal of Operations & Production Management , Vol. 3 No. 1, h. 46-69. Diakses tanggal 30 Juli 2011 dari http://abepro.org.br

 

Maignan, I., Ferrell, O. C., & Hult, G. T. 2004. Corporate citizenship: Cultural antecedents and business benefits. Journal of the Academy of MarketingScience, 27(4): 455-469.

 

Maria Ulfa. (2009). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure. Skripsi. Universitas Islam Indonesia

 

McWilliams, A. dan D. Siegel. 2001. Corporate Social Responsibility: A Theory of the Firm Perspective. Academy of Management Review, 26(1): 117–127.

 

Meutia, Inten. 2010. Menata Pengungkapan CSR di Bank Islam (SuatuPendekatan Kritis). Jakarta: Citra Pustaka Indonesia.

Muhammad. 2005. Pengantar Akuntansi Syariah. Jakarta: Salemba Empat.

 

Muharbiyanto, Paramita. 2010. Analisa Implementasi Kegiatan dan MotivasiPerusahaan dalam Melakukan PengungkapanCorporate SocialResponsibilitypada Bank XYZ (Studi Kasus Bank Mandiri (Persero)Tbk.). Perpusatakaan FakultasEkonomi Unversitas Indonesia.

 

 

Mulyanita, Sugesty. 2009. Pengaruh Biaya Tangung Jawab SosialPerusahaanterhadap Kinerja Perusahaan Perbankan. Skripsi tidakditerbitkan. Lampung: Fakultas Ekonomi Universitas Lampung.

 

Mursitama, Tirta, dkk. 2011. Corporate Social Responsibility di Indonesia (Teoridan Implementasi). Institute for Development of Economic and Finance(INDEF).

 

Muslich, 2001, Manajemen Keuangan Modern, Liberty, Yogyakarta.

 

Nawawi, Kholil dan Astriani, Fera. 2010. Peran penyaluran dana CorporateSocial Responsibility (CSR) dalam meningkatkan kepercayaan nasabah. Bogor: Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Khaldun.

 

Nugroho, Firmansyah FA. 2011. Analisis Hubungan antara PengungkapanCorporate Social Responsibility (CSR) dan Karakteristik Tata Kelola Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. Skripsi tidakditerbitkan. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Rasyid, Rosmita dan Sri Daryanti. 2012.Pengaruh Current Ratio, Asset Size, Debt To Equity Ratio Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure, dan Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Return On Equity pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Journal of Capital Market and Banking ISSN: 2301 – 4733; Vol. 1, No. 3; Nopember 2012.

 

Riyanto, Bambang, 1995, Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat, Cetakan Ketiga, Yayasan Badan Penerbit Gadjah Mada, Yogyakarta.

 

Sahidin, Ahmad. Membaca Naskah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, (Online), (http://albanduni.wordpress.com, diakses 4 April 2012)

 

Said, Roshima, Yuserrie Hj Zainuddin, dan Hasnah Haron. 2009. “The Relationship Between Corporate Social Responsibility Disclosure and Corporate Governance Characteristics in Malaysian Public Listed Companies”. Social ResponsibilityJournal, vol 5 lss: 2, h. 212-226. Diakses tanggal 11 September 2011 dari www.emeraldinsight.com

 

Sairally, Salma. 2005. Evaluating the ‘Social Responsibility’ of Islamic Finance: Learning From the Experiences of Socially Responsible Investment Funds. The 6thInternational Confrence on Islamic Economic andFinance.

 

Saleh. 2008. An Empirical Examination of the Relationship between CorporateSocial Responsibility Disclosure and Financial Performance in an Emerging Market. Malaysia: University of Malaya.

 

Sari, Rizkia Anggita. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan  Terhadap  Corporate Social Responsibility Disclosure  pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Nominal / Volume I Nomor I / Tahun 2012.

 

Sartono, Agus. 1998. Manajemen Keuangan, Teori Dan Aplikasi, Edisi Ketiga, Cetakan Ketiga. Yogyakarta.

 

Sembiring, Edi Rismanda. 2003. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal TelaahAkuntansi, Volume: 01 No. 01 Juni 2003, hal. 01-21.

 

Solihin, Ismail. 2009. Corporate Social Responsibility (CSR). Jakarta: SalembaEmpat.

 

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Susilowati. 2011. Reaksi Signal Rasio Profitabilitas dan Rasio Solvabilitas terhadap Return Saham Perusahaan di Sektor Manufaktur yang terdaftas di BEI. Jurnal Dinamika dan Perbankan ISSN 1979-4878 Vol.17-37.

 

Wibisono, Y. 2007. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR. Fascho Publishing. Gresik. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 2 No. 2 (2013)

 

Yulinartati. 2016.Pengaruh Kinerja Keuangan Bank Syariah Indonesia Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Csr Disclosure) Berdasarkan Shariah Enterprise Theory (Studi Empiris Bank Syariah di Indonesia).Jurnal Ilmiah AkuntansiIndonesiaVolume: 1, No 1.

 

Yusuf, Yasir. “Aplikasi CSR pada Bank Syariah: Suatu Pendekatan Maslahah dan Maqasid syariah. EKSIBISI, Vol 4, No 2, (Juni 2010)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : kiafe@untan.ac.id