ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP RATE OF RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Gugun Ruth Monica Hutasoit B41109101

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara pengungkapan informasi akuntansi terhadap rate of return saham. Ukuran untuk pengungkapan laporan keuangan dinilai dari standar yang telah ditetapkan oleh Keputusan Ketua BAPEPAM melalui Surat Edaran No. SE-02/PM/2002. Sedangkan rate of return saham diukur dari selisih nilai saham per periode pelaporan.

Perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada 28 perusahaan yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) selama periode 2009 2011. Metode penelitian penelitian ini menggunakan metode regresi sederhana. Teknik analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan software SPSS versi 16.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel pengungkapan informasi akuntansi berpengaruh terhadap tingkat pengembalian saham (rate of return saham). Semakin baik pengungkapan yang dilakukan oleh perusahaan, maka memengaruhi naiknya harga saham yang berdampak pada return saham. Dengan adanya pengungkapan yang baik, maka citra perusahaan akan semakin kuat dan akan menjadi pertimbangan investor dalam memilih tempat berinvestasi karena menganggap bahwa perusahaan tersebut memiliki tata kelola perusahaan yang baik.

Keywords : pengungkapan laporan keuangan, rate of return


Refbacks

  • There are currently no refbacks.