ANALISIS PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI TERHADAP KUALITAS LABA AKRUAL YANG DIMODERASI OLEH GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Ellen Veronica B41109033

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh konservatisme akuntansi terhadap kualitas laba akrual yang dimoderasi oleh Good Corporate Govrnance pada perusahaan yang terdapat di LQ45 selama periode 2009-2011. Variabel yang digunakan yaitu variabel konservatisme (X1), variabel kepemilikan manajerial (X2), variabel komposisi komisaris independen (X3) sebagai variabel independen dan variabel kualitas laba akrual (Y) sebagai variabel dependen.

Populasi penelitian ini adalah 69 perusahan yang tergabung dalam LQ45 dengan periode penelitian 2009-2011. Dengan metode purposive sampling, terdapat 21 perusahaan dengan 63 laporan keuangan yang memenuhi kriteria sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda.

Hasil dari penelitian ini yaitu konservatisme akuntansi berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba akrual. Sedangkan variabel moderasi yang diwakili oleh kepemilikan manajerial dan komposisi komisaris independen tidak berpengaruh terhadap kualitas laba akrual, sehingga dapat dinyatakan bahwa kepemilikan manajerial dan komposisi komisaris independen tidak dapat memoderasi hubungan antara konservatisme akuntansi dan kualitas laba akrual.

Keywords : konservatisme akuntansi, Good Corporate Governance, kualitas laba, kepemilikan manajerial, komposisi komisaris independen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.