PENGARUH BIAYA TENAGA KERJA LANGSUNG TERHADAP VOLUME PRODUKSI PADA UD.SUNVERA PONTIANAK

Dwi Purwani B41109079

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh biaya tenaga kerja langsung terhadap volume produksi dan faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap penentuan biaya tenaga kerja langsung. Adapun objek dalam penelitian ini adalah UD.SUNVERA Pontianak sebagai perusahaan yang menghasilkan produk dari olahan lidah buaya.

Data yang diperoleh adalah data primer berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dari laporan keuangan dan data perusahaan yang dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan Internal Control Questioner dan kuantitatif melalui statistik uji menggunakan SPSS Versi 16.0. Data yang digunakan adalah data biaya tenaga kerja langsung dan volume produksi dari tahun 2008 hingga 2012.

Hasil penelitian menunjukkan penentuan biaya tenaga kerja langsung pada UD.SUNVERA Pontianak masih bersifat sederhana berdasarkan upah harian, sedangkan faktor yang mempengaruhi pengeluaran biaya tenaga kerja langsung didasarkan pada tingkat keterampilan, kedisiplinan, lamanya bekerja, dan kinerja masing-masing yang dilihat dari pengamatan dan pengawasan pemilik usaha. Berdasarkan hasil uji-t dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara biaya tenaga kerja langsung terhadap volume produksi UD.SUNVERA Pontianak.

Keywords : Tenaga Kerja langsung, Biaya Tenaga Kerja Langsung, Volume Produksi,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.