PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, UKURAN PERUSAHAAN, DAN TINGKAT PERTUMBUHAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PARIWISATA, RESTORAN, DAN HOTEL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Diana Hartono B41109042

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asimetri informasi, ukuran perusahaan, dan tingkat pertumbuhan terhadap praktik manajemen laba dalam perusahaan sampel. Penelitian ini merupakan penelitian ekonometrika berbasis data panel. Sampel penelitian yang digunakan berasal dari sektor pariwisata, restoran, dan hotel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2009-2011, sebanyak 17 perusahaan yang dipilih melalui metode pursposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t, uji-F, dan uji determinasi. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 36,1% variasi dari praktik manajemen laba dapat dijelaskan oleh asimetri informasi, ukuran perusahaan, dan tingkat pertumbuhan, sedangkan 63,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan semua variabel bebas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil uji-t, ditemukan bahwa variabel asimetri informasi berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Hasil ini sejalan dengan penelitian Richardson (2008), Sarumpaet, et al (2008), Muliati (2011), dan Yudha (2012). Variabel ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba. Hasil ini sejalan dengan penelitian Muliati (2011) dan Anggraini (2012). Variabel tingkat pertumbuhan tidak terbukti berpengaruh terhadap praktik manajemen laba dalam perusahaan sampel.

Kata kunci: manajemen laba, asimetri informasi, ukuran perusahaan, tingkat pertumbuhan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.