ANALISIS IMPLEMENTASI PSAK 45 (PELAPORAN KEUANGAN ENTITAS NIRLABA) TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PADA YAYASAN NURUL ISLAM NGABANG KABUPATEN LANDAK

Agung Yudanto B41109118

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah laporan keungan Yayasan Nurul Islam Ngabang Kabupaten Landak sudah sesuai dengan PSAK 45 dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan belum diterapkannya PSAK 45. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif komparatif dimana membandingkan antara laporan keuangan yang telah dibuat oleh Yayasan Nurul Islam Ngabang Kabupaten Landak dengan PSAK 45. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, analisis dokumen dan observasi dengan menggunakan alat analisis PSAK 45 (Revisi 2011) Pelaporan Keuangan Entitas Nirlaba dan kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa laporan keuangan yang dibuat oleh Yayasan Nurul Islam Ngabang Kabupaten Landak belum sesuai dengan PSAK 45. Karena Yayasan Nurul Islam hanya membuat laporan yang berisikan informasi tentang penerimaan dan pengeluaran kas saja. Pihak Yayasan Nurul Islam belum membuat laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK 45 antara lain: Laporan Posisi Keuangan, Laporan Aktivitas, Laporan Arus Kas dan Catatan Atas Laporan Keuangan.

Keywords : Laporan Keuangan, Yayasan, PSAK 45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.