PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KOMPENSASI, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL LALA GOLDEN DI BENGKAYANG

Nosiana B1031141043 B1031141043

Abstract


ABSTRAK

Sumber daya manusia adalah harta atau aset yang paling berharga dan paling penting dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan, karena keberhasilan suatu organisasi sangat ditentukan oleh unsur manusia. Manusia berperan sebagai perencana, pelaksana, dan  sekaligus pengendali terwujudnya tujuan organisasi atau perusahaan. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkunagn kerja, kompensasi, dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada Hotel Lala Golden di Bengkayang.

Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan Hotel Lala Golden di Bengkayang yang berjumlah 49, sampel sejumlah 41 karyawan. Metode  analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.       

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel kompensasi dan motivasi kerja tidak berpengaruh positif  terhadap kinerja karyawan, dan hanya variabel lingkungan kerja yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Secara simultan atau bersama-sama variabel lingkungan kerja, kompensasi, dan motivasi kerja tidak signifikan terhadap kinerja karyawan pada Hotel Lala Golden di Bengkayang. Dari hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa kinerja karyawan hanya mampu dijelaskan oleh lingkungan kerja, kompensasi, dan motivasi kerja  sebesar 5,7% .

Kata kunci : lingkungan kerja, kompensasi, motivasi kerja, dan kinerja karyawan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]