Akuntabilitas dan Pengelolaan Keuangan di Masjid Umum (Studi Kasus di Masjid Kota Pontianak)

Reza Pahlevi B1031131068

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan terhadap masjid-masjid umum yang ada di Kota Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengurus masjid melakukan akuntabilitas dan pengelolaan keuangan terhadap masing-masing masjidnya.

 

Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara dan pengambilan informasi dari laporan keuangan masing-masing masjid yang ada di Kota Pontianak. Sumber data diperoleh dari keterangan Ketua Takmir Masjid, Bendahara Takmir Masjid, dan para Jama’ah masing-masing Masjid yang mengetahui mengenai tentang akuntabilitas dan pengelolaan keuangan di masing-masing masjid tersebut.

 

Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa pengurus masjid sudah menerapkan praktek akuntabilitas, walaupun masih menggunakan metode yang sederhana. Pengelolan keuangan dilakukan dengan baik walaupun masih sederhana, tetapi metode tersebut telah berlangsung dengan lama dan teratur.

 

Kata Kunci : akuntabilitas dan transparansi, pengelolaan keuangan masjid, penelitian kualitatif

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Andarsari, Pipit Rosita. (2016). Jurnal: Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba (Lembaga Masjid).

Damayanti, Alny. (2014). Skripsi: Analisis Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Masjid Kampus (Studi pada Masjid Perguruan Tinggi Negeri di Bandung).

Hanafi, Roby. (2015). Skripsi: Akuntabilitas dan Pengelolaan Keuangan di Masjid Melalui Pendekatan Fenomenologi (Studi Empiris pada Masjid Nurusy Syifa’ Surakarta).

Harahap, Sofyan. (2013). Teori Akuntansi, Edisi Revisi 2011. Rajawali Pers, Jakarta.

Hendrawan, Rony. (2011). Skripsi: Analisis Penerapan PSAK No. 45 Tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba Pada Rumah Sakit Berstatus Badan Layanan Umum. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Hery. (2013). Teori Akuntansi – Suatu Pengantar. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

http://kaukesbokan.blogspot.com/2013/10/pengertian-transparansi.html

Ikatan Akuntan Indonesia. (2009). Exposure Draft PSAK No. 2 Revisi 2009. Ikatan Akuntan Indonesia. Jakarta.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2011). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 45 (revisi 2011): Pelaporan Keuangan Entitas Nirlaba. Ikatan Akuntan Indonesia, Jakarta.

Jubaedah, Edah, Nugraha Lili, dan Hariz Faozan. (2008). Model Pengukuran Pelaksanaan Good Governance di Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Bandung: PKP2AI LAN.

Kurniawan, Eko Kumara (

Latif, Abdul. (2014). Skripsi: Akuntabilitas dan Pengelolaan Keuangan di Masjid (Studi Kasus di Masjid Nurul Huda Kecamatan Polanharjo).

Mardiasmo. (2005). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

Masnila, Nelly. (2009). Pengantar Akuntansi I. Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang.

Muhammad, Rifqi. (2006). Jurnal: Akuntabilitas Keuangan pada Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Akuntansi dan Investasi Vol. 7 No. 1, hal: 34-55, Januari 2006.

Moleong, L.J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Purnama, Yusuf Adi. Jurnal: Pengelolaan dan Pelaporan Keuangan pada Masjid (Studi Kasus pada Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso).

Pontoh, Chenly Ribka S. (2013). Jurnal: Penerapan Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba berdasarkan PSAK No. 45 pada Gereja BZL. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 Juni 2013, Hal. 129-139.

Riyanti, Yudha Rubi. (2011). Jurnal: Akuntabilitas pada Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (Studi Kasus pada Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Malang).

Setyono, Joko. (2015). Jurnal: Good Governance dalam Perspektif Islam (Pendekatan Ushul Fikih: Teori Pertingkatan Norma).

Janets, Silvia dan Muhammad Ansar. (2011). Jurnal: Akuntabilitas dalam Perspektif Gereja Protestan. Symposium Nasional Akuntansi XIV Aceh.

Simanjuntak, D. Anzar dan Yeni Januarsi. (2011). Jurnal: Akuntanbilitas dan Pengelolaan Keuangan di Masjid. Symposium Nasional Akuntansi XIV Aceh 2011.21-22 Juli.1-30.

Yaqub, Hamzah. (1991). Filsafat Agama, Titik Temu Akal dengan Wahyu. Penerbit Pedoman Ilmu Jaya. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.