PENGARUH PERSEPSI KEBERMANFAATAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PERSEPSI KEPUASAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI TERHADAP PENGGUNAAN E-FILING DI PONTIANAK

Putri Yana Manurung B1031141017

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kepuasan wajib pajak orang pribadi secara parsial dan simultan terhadap penggunaan e-Filing  di Pontianak.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian terhadap masalah-masalah berupa fakta-fakta saat ini dari suatu populasi. Populasi penelitian adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Pontianak. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Convenience sampling.  Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 105 responden dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 24.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kebermanfaatan dan persepsi kepuasan wajib pajak orang pribadi berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan e-Filing sedangkan persepsi kemudahan penggunaan tidak berpengaruh signifikan terhadap penggunaan e-Filing dan terdapat pengaruh positif signifikan persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kepuasan wajib pajak orang pribadi secara bersama-sama/simultan terhadap penggunaan e-Filing.  

Kata Kunci : e-Filing, persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan, persepsi kepuasan, wajib pajak orang pribadi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]