ANALISIS IMPLEMENTASI PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN NO. 109 TENTANG ZAKAT DAN INFAK/SEDEKAH PADA YAYASAN DOMPET UMMAT

Yogi Siswanto B1032131006

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 109 khususnya terkait dengan pengakuan dan pengukuran transaksi zakat dan infak/sedekah  pada Yayasan Dompet Ummat.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan analisis kualitatif, yaitu pengelolaan data yang berhubungan Pengakuan dan Pengukuran tentang zakat, infak/sedekah pada Yayasan Dompet Ummat untuk disesuaikan dengan yang telah diatur dalam PSAK No. 109 tentang zakat dan infak/sedekah. Proses penyesuaian ini akan dilakukan pengamatan oleh penulis dengan pembandingan antara penyajian pelaporan keuangan, hasil wawancara, dan hasil kuesioner pada Yayasan Dompet Umat dengan PSAK No. 109.

Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa pengakuan dan pengukuran zakat dan infak/sedekah yang di terapkan oleh Yayasan Dompet Ummat telah sesuai dengan PSAK nomor 109 tentang zakat dan infak/sedekah. Hanya saja dalam pengakuan penerimaan zakat dalam bentuk aset nonkas Yayasan Dompet Ummat hanya mengakui aset nonkas yang mempunyai umur ekonomis kurang dari satu tahun sedangkan aset nonkas dalam bentuk perolehan (aset kelolaan) yang mempunyai umur ekonomis panjang atau lebih dari satu tahun seperi mobil ambulance cenderung diakui sebagai penerimaan infak/sedekah.

 

Kata kunci: Zakat, Infak/Sedekah, Pengakuan, Pengukuran, PSAK 109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Kajian Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi UNTAN (KIAFE)

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Jl. Prof.Hadari Nawawi, Pontianak - Kalimantan Barat (78121)

Phone : (0561) 785342, 583865

Email : [email protected]