ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN PADA PERUSAHAAN PEMEGANG IZIH HPH/HPHTI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2012

Sandra Sari Fanny Siregar B41109117

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kinerja keuangan yaitu ROA (return on assets), ROE (return on equity), return tahunan dan ukuran perusahaan terhadap kinerja lingkungan. Ukuran untuk kinerja lingkungan dinilai dari PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup). Sedangkan ukuran perusahaan diukur dengan melihat aktiva yang dimiliki oleh masing masing perusahaan sampel.

Perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada 7 perusahaan pemegang izin HPH/HPHTI yang terdaftar di PROPER dan BEI (Bursa Efek Indonesia) selama periode 2008 2012 khususnya perusahaan perkayuan dan industri plup and paper. Metode penelitian penelitian ini menggunakan metode regresi berganda. Teknik analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan software SPSS versi 19.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel kinerja keuangan ROA (return on assets) yang berpengaruh terhadap kinerja lingkungan sedangkan ROE (return on equity) dan return tahunan serta ukuran perusahaan perusahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja lingkungan (environmental performance).

Keywords : ROA, ROE, Return, Ukuran Perusahaan, PROPER, Environmental Performance

Refbacks

  • There are currently no refbacks.