Analisis Sistem Pengendalian Internal Dalam Pelaksanaan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Desa Sungai Kupah Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya

Veny Selvianti B51112012

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Desa Sungai Kupah Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya  dengan tujuan untuk mengetahui apakah sistem pengendalian internal dalam pelaksanaan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sudah berjalan secara efektif atau belum. Program BOS merupakan upaya untuk meningkatkan akses masyarakat khususnya siswa dari keluarga kurang mampu terhadap pendidikan yang berkualitas dengan mengikuti program wajib belajar sembilan tahun.

Untuk menjelaskan mekanisme penyaluran dana BOS yang terdiri dari alur pengiriman data jumlah siswa, alur alokasi dan seleksi, dan alur penyaluran dana BOS, penelitian ini menggunakan tiga analisis yaitu evaluasi struktur organisasi, flowchart yang memaparkan mekanisme penyaluran dana BOS dan selanjutnya internal control questionaires digunakan sebagai alat analisis untuk mengetahui tentang pengelolaan dana BOS.

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian internal dalam pelaksanaan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Desa Sungai Kupah Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi struktur organisasi, analisis flowchart, dan analisis internal control questionaires yang telah dijalankan secara efektif dan sesuai prosedur yang berlaku.

 

Kata Kunci: Sistem Pengendalian Internal, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dan Internal Control Questionaires (ICQ).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.