AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (STUDI KASUS DI DESA SAYANG SEDAYU KECAMATAN TELUK KERAMAT KABUPATEN SAMBAS TAHUN 2016)

Purnama Sari B1032131033

Abstract


Penelitian ini berfokus pada Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa di desa Sayang Sedayu yaitu dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan per-tanggungjawaban. Tujuan dari penelitian ini pertama, untuk mendeskripsikan mengenai akuntabilitas pengelolaan Alokasi Dana Desa tahun 2016. Kedua untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menjadi pendukung dan penghambat pengelolaan Alokasi Dana Desa oleh Pemerintah Desa Sayang Sedayu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dokumentasi, serta studi kepustakaan.

Hasil penelitian yang pertama menunjukkan tahap perencanaan dan pelaksanaan, pertanggungjawaban sudah menerapkan prinsip akuntabilitas dengan baik yaitu sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku, adanya partisipatif dan transparansi dari Pemerintah Desa. Namun tahap pertanggungjawaban secara administratif belum sempurna karena keterlambatan penyampaian laporan pertanggungjawaban kepada Bupati. Kedua, peneliti menemukan faktor peng-hambat pengelolaan Alokasi Dana Desa yaitu perubahan peraturan dan kebijakan, dana yang lama terserap ke desa. Dan faktor pendukungnya adalah tingginya partisipasi masyarakat, pelatihan untuk aparat desa dalam pengelolaan keuangan desa, dan kemampuan sumber daya aparatur desa dalam mengelola ADD sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kata Kunci: Akuntabilitas, Alokasi Dana Desa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.