PENERAPAN SAK ETAP DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM HOTEL GREEN LEAF INN PONTIANAK TAHUN 2015

ELAWATI B51112044

Abstract


Indonesia di kenal dengan tingginya tingkat pengangguran dan pola hidup masyarakat yang konsumtif serta kurang atau rendahnya minat masyarakat untuk bekerja dan lain sebagainya  menuntut pemerintah berfikir bagaimana solusinya agar tingkat pengangguran, pola hidup serta rendahnya minat untuk bekerja tersebut tidak semakin tinggi setiap tahunnya. Pemerintah mulai memberikan sosialisasi kepada masyarakat melalui bermacam-macam sosialisasi salah satunya yaitu sosialisasi UMKM. Dengan adanya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) peluang kerja semakin bertambah, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) telah menerbitkan Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP) yang berlaku secara efektif untuk penyusunan laporan keuangan yang dimulai pada atau setelah 1 Januari 2011.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman UMKM Hotel Green Leaf Inn Pontianak dalam memahami SAK ETAP, Penerapan SAK ETAP dalam penyajian laporan keuangan pada UMKM Hotel Green Leaf Inn Pontianak sebagai standar dalam menyajikan laporan keuangan, dan hambatan UMKM Hotel Green Leaf Inn Pontianak dalam menyajikan laporan keuangan sesuai SAK ETAP.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Hotel Green Leaf Inn Pontianak masih belum menerapkan SAK ETAP hanya membuat laporan laba rugi, rekap buku penerimaan kas dan rekap buku pengeluaran kas. Selain itu, pihak UMKM ini juga tidak mengetahui tentang SAK ETAP dan tidak memiliki laporan keuangan yang lengkap sesuai SAK ETAP. Kendala UMKM Hotel Green Leaf Inn Pontianak dalam menyajikan laporan keuangan adalah kurangnya SDM yang ahli dalam membuat laporan keuangan, pemahaman dan sosialisasi mengenai SAK ETAP.

 

Kata kunci : UMKM, Laporan keuangan, SAK ETAP


Refbacks

  • There are currently no refbacks.