ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PEMUNGUTAN PAJAK HIBURAN TERHADAP EFEKTIFITAS PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PADA BADAN KEUANGAN DAERAH KOTA SINGKAWANG

ZAKIA KHARISMA B51112124

Abstract


Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui mekanisme atau sistem serta prosedur pemungutan pajak hiburan yang dilaksanakan Badan Keuangan Daerah Kota Singkawang khususnya Pada Bidang Pajak dan Retribusi. Dan untuk mengetahui tingkat efektifitas dari pemungutan dan penerimaan pajak hiburan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Singkawang.

Dalam penelitian ini, bentuk penelitian yang digunakan adalah metode Studi Kasus dengan mengambil objek penelitian pada Badan Keuangan Daerah Kota Singkawang. Teknik pengumpulan data menggunakan, wawancara, studi kepustakaan, dan kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, struktur organisasi untuk mengetahui fungsi serta pembagian tugas yang ada pada organisasi, Analisis Bagan Alur (flowchart), untuk mengetahui arus dokumen pada proses pemungutan pajak hiburan, Analisis Internal Control Questionnaire(ICQ) untuk mengetahui pengendalian internal, dan Analisis efektifitas untuk mengukur tingkat efektifitas pajak hiburan terhadap pendapatan asli daerah.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa sistem dan prosedur pemungutan pajak hiburan yang dilaksanakan oleh Badan Keuangan Daerah Kota Singkawang, telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 91 Tahun 2010 tentang jenis Pajak Daerah yang dipungut berdasarkan penetapan Kepala Daerah atau dibayar sendiri oleh Wajib Pajak dan berdasarkan Peraturan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2012 tentang pedoman penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintah, namun masih ada kelemahan pada bagian kepegawaian dan tidak tersedianya bagan alur (Flowchart). Berdasarkan hasil perhitungan tingkat efektifitas dapat disimpulkan pemungutan pajak hiburan pada Badan Keuangan Daerah Kota Singkawang dikatakan sudah efektif, meskipun pada tahun 2013 dan 2014 penerimaan pajak hiburan belum mencapai target, serta masih terdapat kelemahan-kelemahan yang perlu diperhatikan dan diperbaiki lebih lanjut oleh Badan Keuangan Daerah Kota Singkawang khususnya Pada Bidang Pajak dan Retribusi.

 

Kata Kunci  :  Flowchart, Sistem Pengendalian Internal, Pajak Hiburan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.