ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI RUMAH PADA CV. GRAHA ANINDYA

R R RIZKY WINDI ASTARY B1032131058

Abstract


Biaya produksi merupakan biaya yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan proses produksi. Biaya produksi biasanya terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Perhitungan biaya produksi atas sebuah produk yang dihasilkan akan sangat berpengaruh terhadap penetapan harga jual. Perhitungan biaya produksi juga akan berpengaruh terhadap harga pokok produksi dan pada akhirnya berpengaruh  terhadap harga jual produk.  Perusahaan harus dapat memperhitungkan dengan tepat biaya produksi agar bisa menetapkan harga jual yang dapat bersaing di pasaran.

CV. Graha Anindya adalah perusahaan yang bergerak dibidang developer. Pendapatan operasional perusahaan berasal dari aktifitas penjualan rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perhitungan dan pembebanan biaya dalam penentuan harga pokok produksi rumah yang diterapkan perusahaaan. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif.

Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terjadi perbedaan perhitungan biaya produksi menurut perusahaan dengan metode harga pokok proses. Hal utama yang menyebabkan perbedaan perhitungan tersebut terletak pada penggolongan biaya yang tidak diikutsertakan seperti biaya penyusutan yang tidak dibebankan ke dalam biaya overhead. Dapat disimpulkan bahwa perhitungan harga pokok produksi menurut hasil analisis lebih rendah dari perhitungan perusahaan.

 

Kata kunci : Harga pokok produksi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.