ANALISIS PENERPAN ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM DALAM MENENTUKAN HARGA POKOK KAMAR (STUDI KASUS PADA MAESTRO HOTEL KOTA BARU PONTIANAK)

M. Uji Irawan B1033131024

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh dari penerapan metode Activity Based Costing System pada industry perhotelan khususnya dalam perhitungan harga pokok kamar.

Dalam melakukan penelitian pada Maestro Hotel Kota Baru Pontianak, penulis melakukan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif komparatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode langsung, yaitu penelitian lapangan dengan melakukan kunjungan keperusahaan untuk memperoleh informasi dengan wawancara, observasi, dokumentasi, serta penelitian kepustakaan. Membandingkan metode perhitungan harga pokok kamar yang diterapkan oleh hotel selama ini dengan menggunakan metode Activity Based Costing System.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara harga pokok kamar yang ditentukan oleh pihak manajemen dengan penerapan Activity Based Costing System.

 

Kata Kunci: Harga pokok kamar, Activity Based Costing System, Cost Driver



Refbacks

  • There are currently no refbacks.