ANALISIS EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN ANALISIS SISTEM SERTA PROSEDUR PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (PKB) PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT

M. RIDWANSYAH B51112106

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem serta prosedur pemungutan pajak kendaraan bermotor yang dilaksanakan di Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat dan untuk mengetahui tingkat efektivitas dari pemungutan dan penerimaan pajak kendaraan bermotor terhadap pendapatan asli daerah.

Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Penelitian dilakukan di Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat. Cara pengumpulan data, penulis melakukan wawancara, kuesioner sebanyak 5 responden, dan studi kepustakaan.

    Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa sistem dan prosedur pemungutan pajak kendaraan bermotor yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 05 Tahun 2002 dan Pengendalian Internal yang dilaksanakan sudah berjalan dengan baik. Tingkat efektivitas yang sangat baik meskipun hampir setiap tahunnya masih mengalami penurunan realisasi pendapatan. Namun masih terdapat beberapa kekurangan - kekurangan yang perlu diperhatikan dan diperbaiki  oleh Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat agar pendapatan dari sektor pajak kendaraan bermotor bisa seoptimal mungkin.

 

Kata Kunci : Realisasi Pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor, Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.