ANALISIS PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI BERDASARKAN SAK EMKM PADA USAHA, MIKRO, KECIL DAN MENENGAH ( Studi kasus UMKM Parfum Athaya Pontianak )

SUKIMAN B1032131036

Abstract


Dalam perekonomian Indonesia Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan sektor usaha yang paling banyak dijalani para pengusaha di Indonesia. Parfum Athaya merupakan salah satu UMKM yang berada di Kota Pontianak. Sebagai entitas yang berbentuk UMKM, dalam pencatatan akuntansi tentunya menggunakan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) agar dapat menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM) pada penyajian laporan keuangan UMKM Parfum Athaya. Pada penelitian ini, penulis menggunakan alat analisis yaitu SAK EMKM dan penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi langsung.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan UMKM Parfum Athaya belum menerapkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang sesuai. Jika dilihat dari kelengkapan laporan keuangannya, UMKM Parfum Athaya hanya mencatat arus kas masuk dan keluarnya saja. Hasil akhir dalam penelitian ini ialah penyusunan laporan keuangan yang dilakukan antara lain laba rugi dan perubahan modal, laporan posisi keuangan atau neraca, arus kas, serta catatan atas laporan keuangan. Semua laporan keuangan yang disusun sudah berdasarkan SAK EMKM dan sesuai dengan siklus akuntansi.

 

 

Kata Kunci: SAK EMKM, UMKM Parfum Athaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.