ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA PD KAPUAS PRIMA JAYA

FENI TRI UTAMI B51112094

Abstract


Perusahaan perlu menerapkan suatu strategi yang baik dan optimal agar dapat bersaing dengan perusahaan lain. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah menerapkan sistem pengendalian interal. Sistem pengendalian internal yang baik akan dapat membantu dalam mengelola perusahaan.

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas sistem pengendalian internal persediaan PD Kapuas Prima Jaya, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keefektifan sistem pengendalian internal persediaan di PD Kapuas Prima Jaya.

Teknik pengumpulan data yang akan dianalisis adalah dengan wawancara, observasi, studi kepustakaan. Penelitian ini menggunakan tiga alat analisis yaitu analisis struktur organisasi,analisis flowchart,dan analisis kuisioner pengendalian internal.

Hasil penelitian ini menunjukkan masih terdapat beberapa kelemahan pada sistem pengendalian internal persediaan PD Kapuas Prima Jaya. Beberapa kelemahan dan faktor yang mempengaruhi keefektifan sistem pengendalian internal pada persediaan PD Kapuas Prima Jaya adalah terjadi perangkapan tugas pada sumber daya manusia, prosedur dan kebijakan yang kurang efektif, data yang tidak memadai, dan infrastruktur yang masih kurang menunjang. Sehingga dapat disimpulkan sistem pengendalian internal persediaan PD Kapuas Prima Jaya kurang efektif.

Kata kunci :Sistem Pengendalian Internal, struktur organisasi, analisis  flowchart, analisis kuesioner pengendalian internal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.