Analisis Sistem Pengendalian Internal Atas Prosedur Pemberian Kredit Modal Kerja Pada PD. BPR Bank Pasar Kota Pontianak

LAILI WADHIYAH B51110106

Abstract


Penelitian ini mempunyai maksud dan tujuan untuk mengetahui bagaimana sistem pengendalian internal atas prosedur pemberian kredit modal kerja pada PD. BPR Bank Pasar Kota Pontianak dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya tunggakan atau kredit macet.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode deskriptif dengan studi kasus mengenai sitem dan prosedur pemberian kredit pada PD. BPR Bank Pasar Kota Pontianak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data menggunakan bagan alir sitem (flowchart), teknik analisis menggunakan internal control questionaire (ICQ), teknik analisis menggunakan kuisioner dan teknik analisis menggunakan tes kepatuhan (compliance test). Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan tujuan agar dapat diperoleh sampel yang terwakili.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem pengendalian internal pada PD. BPR Bank Pasar Kota Pontianak telah berjalan dengan baik, berdasarkan analisis flowchart prosedur pemberian kredit telah dilakukan sesuai dengan ketentuan dan dan kebijakan yang berlaku, berdasarkan analisis ICQ menunjukkan persentase 80% yang berarti bahwa pemberian kredit modal kerja berjalan dengan baik dan efektif, berdasarkan analisis kuisioner menunjukkan persentase 87% yang berarti perosedur pemberian kredit berjalan dengan efektif, dan berdasarkan analisis compliance test menunjukkan dari 23 sampel terdapat 5 kesalahan dan tingkat persentasenya 78,27% yang menunjukkan sistem pengendalian internal telah berjalan dengan efektif dan kesalahan-kesalahan yang terjadi harus terus diminimalisir.

Kata Kunci: Sistem Pengendalian Internal, Prosedur, Kredit Modal Kerja.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.