ANALISIS AKUNTANSI PAJAK PERTAMBAHAN NILAI PADA CV. FIKRI UTAMA PONTIANAK

Marlini B41108119

Abstract


Di era globalisasi ini pemerintah memusatkan pendanaan pada pendapatan negara yaitu pada sektor pajak. Guna membiayai kebutuhan untuk pembangunan dan kepentingan rutin negara yang semakin meningkat. Dalam hal ini pemerintah menitikberatkan pada pengefektifan pemungutan pajak. Maka perhitungan dan pembayaran yang benar dan jelas dari pihak-pihak yang kena pajak akan membantu pemerintah.

Pajak adalah peralihan kekayaan dari sektor swasta ke sektor publik berdasarkan undang-undang yang dapat dipaksakan dengan tidak mendapatkan imbalan yang secara langsung dapat ditunjukkan yang digunakan untuk membiayai pengeluaran umum dan yang dapat digunakan sebagai alat pendorong, penghambat atau untuk mencapai tujuan yang ada diluar bidang keuangan negara. Sedangkan Pajak Pertambahan Nilai adalah pajak yang dikenakan atas pertambahan nilai yang timbul pada setiap jalur produksi dan distribusi, sehingga pajak masuk ke kas negara berangsur-angsur lewat tiap jalur produksi dan distribusi dari barang tersebut.

CV. Fikri Utama Pontianak merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konstruksi, dimana dalam usahanya dikenakan PPN atas penyerahan barang/jasa tersebut. Dalam pelaksanaan kegiatan usahanya perusahaan membuat laporan keuangan yang digunakan sebagai dasar kinerja perusahaan baik untuk intern maupun ekstern perusahaan. Pendapatan proyek yang masih terdapat unsur PPN dan dianggap pendapatan bersih oleh perusahaan akan mempengaruhi laporan keuangan khususnya laporan laba rugi. Ini tentunya menimbulkan kebingungan pada penggunaan dan pembaca laporan keuangan.

Dari hasil analisis dapat dilihat adanya kesalahan dalam penyajian PPN pada laporan keuangan, khususnya pada laporan laba rugi. Hal ini tentunya tidak sesuai dengan prinsip dan teori akuntansi yang ada. Oleh karena itu, perusahaan seharusnya lebih memusatkan perhatian pada penyajian laporan keuangan agar tidak menimbulkan kebingungan pada pengguna dan pembaca laporan keuangan sehingga citra perusahaan akan terjaga baik.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.