ANALISIS PENGARUH AKUISISI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PT BARITO PACIFIC Tbk.

Marleni B41109008

Abstract


Persaingan usaha di antara perusahaan-perusahan yang ada dewasa ini semakin ketat. Kondisi tersebut menuntut perusahaan untuk mengembangkan strategi yang tepat agar dapat mempertahankan eksistensinya. Salah satu usaha perusahaan dalam mencapai tujuan tersebut dapat dilakukan dalam bentuk penggabungan usaha. Akuisisi yang dilakukan PT Barito Pasific Tbk kepada PT Chandra Asri merupakan tonggak sejarah penting bagi PT Barito Pacific Tbk. untuk mencatat sebuah awal baru yang dapat memberikan landasan strategis bagi perseroan guna meraih perkembangan dan pertumbuhan yang berkesinambungan dalam jangka panjang.

Proses akuisisi PT Barito Pacific Tbk. kepada PT Chandra Asri dilakukan pada tanggal 4 Desember 2007 Perseroan dengan melaksanakan transaksi pembelian 38.360 saham atau yang merupakan 70% saham di PT Chandra Asri, baik melalui pembelian langsung maupun tidak langsung. Saham-saham tersebut antara lain 14,6% saham PT Chandra Asri yang dimiliki langsung oleh PT Inter Petrindo Inti Citra, 48,16% yang dimiliki langsung oleh Strategic Investment Holding Ltd; dan 7,24% saham PT Chandra Asri yang dimiliki oleh Marigold Resources Pte Ltd. Pada tanggal 13 Desember 2007 transaksi tersebut telah efektif. PT Barito Pacific Tbk. membeli 38.360 saham PT Chandra Asri dengan biaya perolehan Rp 9.714.462 triliun.

Berdasarkan proses akuisisi di atas, penulis mengadakan penelitian terhadap pengaruh yang ditimbulkan akuisisi terhadap kinerja keuangan (rasio keuangan) dan bagaimana penyajian dan pengungkapan pada saat akuisisi dalam laporan keuangan PT Barito Pacific Tbk. Dalam penelitian ini penulis menggunakan data yang di peroleh dari annual report PT Barito Pacific Tbk. Periode 2006-2008, dan 2011. Selain itu, data juga diperoleh dari www.idx.co.id.

Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja (rasio keuangan) PT Barito Pasific Tbk. mengalami perubahan. Dengan melakukan pengujian Wilcoxon Signed Rank dan menggunakan program Mega Stat 9.01, penulis menyimpulkan kinerja keuangan PT Barito Pasific Tbk. tidak mengalami perubahan yang signifikan. Selain itu PT Barito Pacific Tbk. Melakukan penyajian dan pengungkapan yang diisyaratkan dalam aturan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 22 tentang kombinasi bisnis.

Kata Kunci: Akuisisi, Kinerja Keuangan, Penyajian, Pengungkapan, PSAK No. 22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.