Analisis Pengaruh Kualitas Audit, Debt Default, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Auditor Client Tenure Dan Kepemilikan Perusahaan Terhadap Kecenderungan Opini Audit Going Concern (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI)

Laila Nurlatifah Khairunnisa B41109024

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris pengaruh kualitas audit, debt default, opini audit tahun sebelumnya, auditor client tenure, dan kepemilikan perusahaan (kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional) terhadap kecenderungan penerimaan opini audit going concern. Penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode 2007-2011 sebagai objek penelitian. Terdapat 8 perusahaan yang memenuhi kriteria sampel dikalikan dengan 5 periode laporan keuangan (2007-2011) didapatlah 40 sampel penelitian.

Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis regresi logistik menunjukkan bahwa variabel kualitas audit, auditor client tenure, dan kepemilikan institusional tidak memiliki pengaruh terhadap kecenderungan penerimaan opini audit going concern. Sedangkan variabel debt default, opini audit tahun sebelumnya, dan kepemilikan institusional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecenderungan penerimaan opini audit going concern.

Kata Kunci: Kualitas audit, debt default, opini audit tahun sebelumnya, auditor client tenure, kepemilikan perusahaan, opini audit going concern


Refbacks

  • There are currently no refbacks.