Analisis Penerapan Metode Activity Based Costing System Dalam Penentuan Biaya Per Kamar Hotel Pada Grand Kartika Hotel Pontianak

Gerifisio Erlando Franshuid B41108067

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang akurat dari proses pendekatan Activity Based Costing dalam menghasilkan perhitungan harga pokok kamar hotel pada Grand Kartika Hotel di Pontianak dan mengetahui perbandingan besarnya profit yang dihasilkan melalui perbandingan antara room rate yang berlaku di Grand Kartika Hotel dengan metode ABC. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.

Hasil penelitian yang di dapat adalah metode ABC memberikan perhitungan alokasi biaya tidak langsung yang lebih baik berdasarkan aktivitas-aktivitas pada Grand Kartika Hotel, Pontianak. Penggunaan metode ABC memberikan profit pada hotel berdasarkan tipe kamar pada Grand Kartika Hotel. Perhitungan perbedaan profit antara room rate dan biaya per kamar menggunakan metode ABC secara jangka pendek akan membantu pihak hotel dalam pengkajian profit per tipe kamar dan penentuan room rate yang tepat berdasarkan sistem ABC dan secara jangka panjang berkaitan dengan nama baik hotel dimata masyarakat dan tamu hotel.

Kata Kunci : activity based costing, room rate

Refbacks

  • There are currently no refbacks.