PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (Studi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Bengkayang)

Dian Triska Wulandari B41109046

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh partisipasi anggaran dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja manajerial di organisasi sektor publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada (a) pengaruh antara partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial, (b) pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja manajerial dan (c) bagaimana pengaruh partisipasi anggaran dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja manajerial.

Penelitian ini dilakukan dengan teknik survey kuesioner, dimana respondennya merupakan pejabat struktural di 34 SKPD Kabupaten Bengkayang, dengan sampel sebanyak 36 orang . Pengumpulan data dilakukan selama 2 minggu mulai tanggal 13 Maret sampai dengan 26 Maret. Dari 36 kuesioner yang disebarkan, sebanyak 34 kuesioner (94,44%) yang kembali serta diisi dengan lengkap. Pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner tersebut diadopsi dari penelitian terdahulu yang kemudian di uji dengan uji validitas dan reliabilitas. Data pada penelitian ini diproses dengan Analisis Asumsi Klasik dan Regresi Linier Berganda.

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh antara partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial, terdapat juga pengaruh partisipasi anggaran dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja manajerial, tetapi antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja manajerial menunjukkan tidak adanya pengaruh signifikan.

Kata kunci : patisipasi anggarana, gaya kepemimpinan, dan kinerja manajerial


Refbacks

  • There are currently no refbacks.