ANALISIS PENGARUH INTERNET FINANCIAL REPORTING DAN INTERNET CORPORATE REPOTING TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN YANG LISTING PADA JAKARTA ISLAMIC INDEKS

Muhammad Fredy Chandra B41110022 B41110022

Abstract


Seiring pesatnya perkembangan teknologi internet, pengungkapan informasi melalui internet telah diadopsi oleh sektor bisnis. Perkembangan teknologi informasi dengan internet telah mempengaruhi bentuk tradisional penyajian informasi keuangan. Upaya perusahaan untuk mengurangi asimetri informasi dengan cara memanfaatkan website perusahaan untuk mengungkapkan informasi yang terkait dengan perusahaan baik informasi finansial maupun non finansial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh IFR (Internet Financial Reporting) dan ICR (Internet Corporate Reporting) terhadap harga saham perusahaan. Sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling pada perusahaan yang listing pada Jakarta Islamic Indeks periode Juni-November 2016. Variabel independen pada penelitian ini adalah IFR (Internet Financial Reporting) dan ICR (Internet Corporate Reporting). Variabel dependen penelitian ini adalah harga saham perusahaan.

            Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data di dapatkan dari laporan tahunan perusahaan dan website perusahaan periode Juni-November 2016. Metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan tingkat signifikansi 5%.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial IFR (Internet Financial Reporting) berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham perusahaan, ICR (Internet Corporate Reporting) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara simultan IFR dan ICR berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham perusahaan.

 

Kata kunci : Internet Financial Reporting, Internet Corporate Reporting, Informasi Website, Harga Saham, Informasi Akuntansi

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.